-->

Kaset Tape kini Cuma Pajangan

Diposting oleh Unknown on Selasa, 12 Maret 2013

Assalamu'alaikum...

Saat ini kita sudah merasakan teknologi yang semakin berkembang. Baik dalam bidang komputerisasi, komunikasi, konstruksi, transportasi , Internet, dll. Semua dibuat serba gampang dan simple guna membantu manusia untuk menghasilkan / melakukan sesuatu menjadi jauh lebih mudah dan cepat, serta efektif.

Kata dosen sistem transportasi saya, kepintaran manusia berbanding lurus dengan kemalasan. Jika para ilmuwan berhasil menciptakan teknologi yang semakin canggih, maka manusia pun semakin malas melakukan suatu pekerjaan dengan tenaganya. Hal ini sebenarnya ada benarnya dan ada tidaknya. Buat orang-orang malas, mau teknologi canggih atau tidakpun mereka tetap malas kan?. Hehe...intinya kembali pada diri sendiri.

Dulu waktu saya masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), tepatnya kelas 2 SMP, saya begitu tertarik untuk belajar gitar karena sebuah lagu dari band rock lagendaris papan atas tahun 60an yaitu Depp Purple. Judul lagunya Smoke on The Water. Pencinta musik rock lagendaris pasti tahu lagu ini. Karena lagu ini menurut saya memiliki riff gitar yang keren dan masih kedengaran modern hingga kini. Saya pun mulai mencari-cari buku gitar ditoko buku terdekat untuk belajar waktu itu.

Untuk pemula yag baru belajar, mungkin sulit untuk langsung bisa menguasai lagu itu. Maka saya pun menurunkan standar  dengan mempelajari lagu-lagu Indonesia. Hingga akhirnya lagu Indonesia pertama yang saya kuasai yaitu lagu SO7 - Temani Aku. Kemudian menyusul lagu-lagu Peterpan dan Radja. Dulu waktu Peterpan lagi booming, tiap hari dengerin lagunya. Dan semua album bintang disurga sudah dikuasai lead-lead gitarnya. Dulu Aril Peterporn belum buat skandal, jadi saya masih ngefas ama Peterpan. Namun sekarang sudah ilfil se ilfil-ilfilnya sama Ariel hingga tak ada satu lagu noah pun yang saya hapal lirik dan musiknya.

Lantas apa hubungannya antara Teknologi dan belajar gitar, deep purple, atau peterpan???..oke akan dijelaskan..

Masa SMP dulu jujur saja saya masih katrok dan nggak ngerti apa-apa soal Komputer dan internet. Masih cupu. Mainan saya palingan Tamiya, layang-layang, bola kaki ( sekarang udah nggak maen bola ), sepeda, dll yang tidak berhubungan dengan game online atau dunia maya layaknya anak-anak sekarang. Ditambah lagi teknologi Internet juga tidak segampang sekarang untuk memperoleh sesuatu. Maka  dengan latar belakang itu, untuk mendapatkan lagu-lagu dari band favorit, saya mesti bela-belain pergi ke Mall pakai angkot untuk singgah ke lapak jualan kaset Tape.

Sejak saat itulah perjuangan mengumpulkan kaset demi kaset dimulai. Kebanyakan yang saya kumpulkan adalah kaset-kaset band rock lagendaris luar negeri dan kaset2 gitaris virtuoso seperti Yngwie Malmmsteen, Steve Vai, Joe Satriani, dan oom saya PAUL GILBERT. Lagu Indonesia Cuma sedikit, karena semakin lama memang standar dan selera musik semakin berubah. Hingga SMA kelas 2, pengumpulan kaset terus dilakukan. Hingga akhirnya saat download mendownload  menjadi begitu mudah, maka kaset2 itupun jarang didengarkan dan kini hanya jadi pajangan.

Ini dia koleksi saya yang tidak begitu banyak, karena juga banyak yang hilang....


kaset tapi kini cuma pajangan
Kaset Indonesia...sebenarnya ada lagi kaset Slank dan SO7. tapi hilang :(


kaset tapi kini cuma pajangan
Kaset barat. Rata2 rock lagend, disini yang hilang Metallica, Deep Purple. Dan ada 1 kaset
yang belum pernah saya dengarkan sampai habis, yaitu Seether. saya juga nggak tau
kenapa beli kaset itu. 

kaset tapi kini cuma pajangan
Ini Koleksi kategori Guitarist. Kebanyakan Yngwie Malmsteen,  Kemudian Joe Satriani,
dulu ngefans bgt sama Yngwie dan Joe, tapi sekarang berubah ke PAUL GILBERT
karena terpesona dengan String Skipping nya. namun Album Paul versi kaset cuma
ada dua keping. 1 lagi hilang...

Kaset Tape kini Cuma Pajangan didalam kamar saya. Karena Alhamdulillah saya sudah punya versi Mp3 nya dilaptop sangat banyak. Paul Gilbert punya 6 album, Deep Purple 12 Album, Dream Theater 12 album, Yngwie Malmsteen 12 album, Joe Satriani 7 album, Steve Vai 4 album, dan masih banyak lagi lah pokoknya. Hingga total lagu dan musik barat mencapai 19an GB diluar file Video.

Dulu memang terasa susah banget buat ngumpulin album-album favorit. Apalagi di Pekanbaru susah mencari album yang lengkap dari band-band rock dan gitaris lagendaris. Berbeda dengan sekarang, tinggal browsing di om google, ketik judul albumnya, download, selesai. Gak perlu susah-susah naik angkot pergi ke Mall cuma buat nyari abum Paul gilbert yang belum tentu ada..haha.. Namun masa lalu itu tentu merupakan kenangan luar biasa yang tak terlupakan :) . Dan kaset2 tape yang kini hanya dipajang, kadang-kadang juga saya dengarkan, tapi jaraaaaang sekali.

FYI, sekarang selera musik sudah campur aduk. Barat, korea, jepang, nasyid, Indonesia. 

Terakhir kali saya pergi ke Matahari Plaza, Mall tempat biasa saya beli kaset tape. Kini sudah nggak ada lagi kaset2 tape dijual. Sudah ludes semuanya. Sedih melihat fakta itu. Namun mau gimana lagi, sekarang sudah serba mudah dan simple. Tidak ada yang bisa disalahkan, semua mengalir seiring perkembangan zaman.


Wassalam...

94 komentar:

  1. wah ternyata senengnya lagu2 barat ya,banyak banget kasetnya,kalau saya sukanya dulu lagu-lagu niki astria terus ikang fauwzi pokoknya yang pop ock deh,kalau lagu barat ada sih tapi nggak banyak.sipp sob.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya labih senang lagu barat. hehe..
      ooh kalau itu kesukaan bapak saya sob :D

      Hapus
  2. tuh kan bener. paul gilbert minded. ada joe satriani, steve vai, yngwie, hehe.. mantaap. hampir sama kayak saya. cuma kalo aliran sih, saya lebih ke ....
    diri saya sendiri, huwaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yeah, Paul forever, jarinya brutal..

      penasaran nih ama aliran "dirisendiri" nya mas, apakah lebih susah dari jazz?? hehe

      Hapus
    2. beuh...kang zach berasa di kariyakeun ada temen sekolektor...iya dah rock en roll dah klian berdua, saya tetep rok + blus deh....;o)

      Hapus
  3. wuihhh keren kang koleksi rocknya.. dengerin dund kang sheeter nya.. mayan tuh... tapi emang agak lebih modern sii dari pada G3 atau Yngwie atau satriani kang :p keren!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap lebih suka G3 sih sob :D
      ya kapan2 deh didengerin, hehe sayang juga dibeli gak didengar

      Hapus
  4. KY juga punya tape begitu, tapi sekarang entah kemana..

    BalasHapus
  5. masih utuh yaa.. punyaku ga tau pada kemana, dulu tu suka koleksi cinta rosul 1 sampe 5, yang orkestra juga, dewa, ada band.. hihihi

    eh itu koleksi punya bang roma juga ya? kok ada gambar satria bergitar? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih dong mbk, kenang2an :)

      kalau lagu2 islami banyak juga saya mbk ,ada bimbo, raihan, haddad alwi. tapi yg beli bapak saya, makanya nggak dimasukin list :D hehe

      hahaa, bg roma versi swedia

      Hapus
  6. aku juga punya koleksi kaset mekanik seperti itu... dari mulai slahk, padi band sama dewa 19

    BalasHapus
    Balasan
    1. disimpan baik2 ya kasetnya. :D

      Hapus
    2. pasti kok, apalagi kalo dikasih koleksine mas'e pasti tak simpen

      Hapus
    3. datang dulu kepekanbaru, ntar aku kasi zim. hahha

      Hapus
    4. estimasi ongkosnya berapa bang,,, disitu seru kayak,e banyak yg dari pekanbaru yg awalnya tanpa sengaja aku kenal. jadi, destinasi utama (mungkin)

      Hapus
    5. jahahaha
      jaman dulu mah tempatku ya paling keren dangdutan

      Hapus
  7. Yoi bro, kaset tape di rumahku sudah menjadi sesuatu yang tak berguna lagi... Cuma bisa di simpan di dalam lemari dan tak pernah di perhatikan

    BalasHapus
  8. iya sih kalo di pikir2 sekaranng mah udah pada canggih , bahkan download juga kan bisa lebih simple dan irit

    BalasHapus
  9. iy, bang... gue juga nggak pernah liat lagi ada kaset'' gitu.
    bener banget tulisan u, bang. makn canggih tekhnologi, berbanding dengan kemalasan manusia. gue juga males bangun tidur tapi kalo makan nggak, bang.

    NGAPAIN CURHAT, BRAAYY ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kalau makan nggak ada yg malas lah bro..hahahahaa

      Hapus
  10. bener banget sobat, seiring berkembangnya teknology kaset tape sekarang sudah tidak laku,

    namun sekarang justru menurut saya kaset tape menjadi barang antik sob, menurut saya pribadi sih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya kira juga gitu sob. barang antik yang harus tetap dijaga keasliannya..hehe

      Hapus
  11. kaset tape emang susah dicari sekarang.
    ditempatku ada sih, tapi jarang juga.
    aku juga masih banyak koleksi kaset tape.
    bukannya gak mau dengarin lagi sih, tapi gak punya tapenya. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya susah dicari kalau sekarang. dan ga ada juga org mau nyari karna tinggal download aja. hehe

      Hapus
  12. sayang yaa, kaset segitu banyaknya cuma bisa jadi pajangan.. tapi mau gimna lagi, emg jaman skrang tape udah gak dibutuhkan lagi.. makin maju zaman, makin banyak teknologi yg smakin canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya begitulah..hanya menjadi monumen aja didalam kamar. hehe

      Hapus
  13. dulu pas SMP juga koleksi CD sama kaset, biasanya sih album GreenDay, simple plan, atau blink-182... sekarang yg jual kaset jarang, di gramed ada sih.. tp terbatas.. artisnya juga lebih demen jualan pake iTunes :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh berarti aliran yang punk gitu ya..hehe
      iya digramed ada, tapi memang dikit bgt

      Hapus
  14. iya, seumur umur aku beli kaset cuma sekali dulu waktu SMP, harganya 25ribu dan itu mahal banget...
    ahaha, sama banget, dulu waktu masih SD gue mainnanyya kasti, tong mok, bekelan, lompat tali, betengan, nah sekarang??? anak anak pada autis di warnet atau game centre, kalau kalah sumpah serapah keluar... sedihhh!!!
    skarang sih mau lagu apa juga tinggal donlod ga perlu ngeluarin uang..emang ya, canggih dan malas itu sejalan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dulu serasa mahal bgt..hha
      tong mok, bekelan, dan betengan itu apa ya? hhaa

      gitu lah anak sekarang dimana2 sama aja..

      Hapus
  15. nah ini jaman sy masih kecil nih

    BalasHapus
  16. Wah sama yan, gue waktu smp juga gitu, nyari album five minutes 'sekat' sampe bela2 in ke tegal..

    Ungu full album gue punya..
    Sampe tahta, the titans

    Bener sih, sekarang tape udh gak praktis..
    Tapi seenggaknya punya kebanggaan tersendiri dengerin lagunya sambil baca teks lagunya
    ♬ (ƪƪ˚▽˚)♬ (˚▽˚ʃʃ)♬

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pencinta band dalam negeri nih, good :)

      iya itu kelebihan kaset tape..nggak perlu browsing lirik di internet.hehe

      Hapus
  17. Keren tuh kaset Baratnya. Saya juga sekarang cuma disimpan di lemari. Sedih:(

    BalasHapus
  18. gue juga salah satu orang yang kangen benda benda itu -_- gue dulu banyak kaset tape ampe 1 kardus entah kemana sejak abang gue nikah kaset kaset itu ilang semua -_- padahal disitulah kenangan kecil gue berada -_-

    BalasHapus
  19. Samaaaa,
    aku juga suka mengoleksi kaset tape.

    Blink 182 punya lengkap
    MUSE juga lengkap
    Linkin Park juga lengkap
    Sum 41 lengkap
    *waktu jaman SMA dulu sih*
    dan ada juga kaset band Indo yg lengkap maupun yg nggak.

    Tapi banyak yg ilang juga karena dipinjem tapi nggak dikembalikan. Udah lupa juga yg minjem siapa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah banyak yaa sampai lengkap album2nya...di pekanbaru susah melengkapi album, apalagi lagu2 jadul..aku suka lagu jadul daripada modern..wkwk

      sama aku juga bnyk hilang :(

      Hapus
  20. wah bnyk jg ya...
    bpak saya dlu punya koleksi kaset tape 1 lemari. lemarinya mmg dibuat khusus sm dia. tp seiring brjalannya wktu, dah bnyak yg hilang. da yg di pnjam tk kembali lah, da yg rusak lah, da yg kmi buat jd mainan......
    mcam2 pokoknya. skrg cm tgl beberapa ja. lemarinya pun dah jd pajangan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amppuunn banyak kali sob sampai 1 lemari...wkwk..kalah bapak saya :D

      itulah susahnya kalau minjemin orang. kadang lupa kembaliin.

      Hapus
  21. saya juga punya tu kaset peterpan. lagu nya mantep-mantep banget.
    tapi tu kaset udah gak pernah didenger lagi, gak ada tape nya -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang tinggal download mp3nya aja bro :D

      Hapus
  22. Yang beginian keren lho dijadiin koleksi, udah langka.
    Ariel Peterporn ? wkwkwkwkwk
    iya, jaman SMP yang terkenal itu Peterpan sama Radja, tiap hari pasti ada aja yang nyanyiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa diletak dimuseum..hha

      yoi, ariel otak mesum tuh..wkwkwkw

      kalau sekarang dengerin radja agak aneh rasanya..

      Hapus
  23. iya, saya juga banyak kaset tape begituan. cuman nggak tau kemanaan sekarang. dulu sih untuk dengarkan di jalan hahaha

    BalasHapus
  24. bener2 pecinta rock sejati lu yan. Dari dulu lg. Salut :D dari smua yg diatas gue cuma tau dream theater sama stave vai doang .___.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe rock never die yog :D
      suka DT juga yog??

      Hapus
    2. gua cuma tau namanya doang yan. Soalnya drummernya gantiin the rev a7x. Eh iya gak? Lupa :D

      Hapus
    3. iya, syang sekali drummernya bukan mike portnoy lagi :D

      Hapus
  25. hehe, kyaknya sobat menyanyangkan banget karena kaset tape sudah tiada. Kalok mnurutku sih bagus, kn ada yg lebih canggih. CD dan DVD pstinya lebih bagus.

    Tetep ada sih, cman media penyimpanannya aja yg beda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kenang2annya itu yang tak ternilai harganya mas :)

      Hapus
  26. haaiiihh iya bang, sekarang kan zaman udah berubah, sama kayak disket sekarang kan gak ada lagi yg jual #eh OOT
    hhe btw banyak juga koleksi kaset tape abang ya, (y)
    hahay anak2 sekarang gak tau apa hubungan pensil/pena dengan kaset tape,ckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. disket?? hahaha itu jadul banget,

      masih dikit tu va, punya bapak abng lebih banyak

      iya, itu kan bisa buat benerin kaset kusut :D

      Hapus
    2. waaahhh alat utk mutar nya masih ada gak bang??
      keren deh masih bisa bertahan sebanyak itu, punya va entah dah kemana2 -__-

      hahah iya, ntar pensil/pena dimasukin dalam salah satu lobang kasetnya, terus diputar2 gtu, wkwkwk jadul banget, mutar2nya sambil ngupil seru juga,ckck #uppss jorok :p

      Hapus
    3. masih doongg,,masih ada 3 bijikk...haha

      sambil ngupil, terus habis itu dimasukin mulut bekas upilnya..wkwkkw
      #lebihjorok :P

      Hapus
  27. kapan-kapan mau Javas tunjukan koleksiku juga deh! punyaku lebih parah lagi. kal g percaya, boleh dicek deh!

    BalasHapus
  28. wow.. saatnya salto dan guling-guling nich, ternyata Fian suka sama lagu2 lawas?? tosss dlu dunk hehehhe
    hebat lho kamu masih punya koleksi kaset tape-nya, punyaku malah udah ilang hikkksss
    dirawat baik2 ya kasetnya, suka deh
    oya, aku skg juga selera musiknya campur aduk juga hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka, lebih berkelas musik lawas tu. hehe

      kok hilang? sayang banget mei, padahal itu bakal jadi benda langka loh :D

      pasti dirawat kok :) . .
      asal jangan suka boyband ya ..haha

      Hapus
  29. di kotaku masih ada satu toko gede yang menjual kaset tape :D
    tapi gak pernah rame tokonya, kesiann ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kasian bnget..bisa bangkrut tuh lama2 :(

      Hapus
  30. Zamana sekarang emang serba mudah, Bang. Apa-apa cari di om google, Gue jadi kasian nasip dari penjual kaset tape, kira-kira apa yah profesi baru mereka?

    Gak papa Bang, kaset itu dibiarkan dipajang,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kasian rob nasib mereka,,ditempat gue udah gak jualan lagi.

      yoi, jadi monumen aja dikamar :D

      Hapus
  31. wahh,, 200 tahun lagi bisa mahal tuh harganya... disimpan aja..itung2 InvestasiLah,, :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha 200 tahun mungkin aku udah dialam yang berbeda ..hahaha

      Hapus
  32. Perkembangan teknologi benar2 telah membuat gaya hidup berubah juga ya....
    Aku dulu juga punya banyak koleksi kaset tapi sekarang sudah tak ada lagi.
    Bahkan VCD yang belum lama aku punya pun sudah "ketinggalan jaman" hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang mbak, teknologi berpengaruh besar dgn gaya hidup..

      wah bagusnya disimpan aja mbk koleksinya :D

      Hapus
  33. wiiih :O koleksinya banyak amat bang .. mau dong satu? ._.
    kalau ngomongin masalah guitarist, mah gue lebih cenderung suka sama joe satriani. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli doongg, 1 keping rp.100.000 ..hahaha

      hebat hebat, jarang2 cewek tau om joe :D

      Hapus
  34. wowww.....keren tuh koleksinya. diantaranya saya udah ada mp3 nya. klw kaset spt itu saya ketinggalan era

    BalasHapus
  35. alat pemutarnya entah sudah kemana...

    BalasHapus
  36. wah, koleksi kasetnya banyak juga ya..
    iya, sekarang mah semuanya serba gampang.. buka google, masukin keyword, klik sana sini, udah deh dapet..

    BalasHapus
  37. ketahuan deh umurnya bang fian :p *peace ^^v

    ngeliat kaset gini jadi inget awal2 saya siaran, waktu itu tahun 2002, masih ada beberapa lagu yang belum ada file MP3 di komputer.. paling repot itu kalo ada pendengar yg rikwes lagu2 lama yg masih disimpan dalam pita kaset begitu.. wiih, sudahlah nyarinya repot, belom lagi ngerewindnya.. kalo di kamar kan enak ya, bisa ngerewind pake pensil wkwkwk.. ah, kaset.. nasibmu kini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..aku masih muda dan unyu kok mbak :P

      pasti ribet bgt ya mbak kalau ada request lagu2 lawas. mau gak mau kita harus memuaskan pendengar..
      ngerwind pakai pensil lamanya minta ampun mbk..hehe

      Hapus
  38. bang pian segitu rock nya kah dirmu? dudududu
    kalau pinter nyanyi piinter ngaji juga dong? semoga iya ya bang hehe
    bocil punya kaset gitu, tapi lagu lawas semua dan ada lagu sunda juga. semua punya bapak bocil bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang campur aduk, rock, pop, jazz, dll..hehee
      Alhamdulillah bisa ngaji juga dong, malu org islam kalau ga bisa ngaji :D

      bapak abng juga, lagu2 melayu kebanyakan :D

      Hapus
  39. .. wachhhh,, sayang nich asetnya Sheila On 7 ilank. huhh. upzZz,, ada kasetnya edane, kau pikir kaulah segalanya. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sayang kali hilang..padahal so7 keren2..
      edane yg aku punya bukan album itu pie, tapi aku tau kok lagu kau pikir kaulah segalanya :D

      Hapus
  40. Cara memperoleh, lebih mudah dan lebih murah download..
    Cara memutarnya, lebih cepat dan lebis ringkas di laptop..
    Yah, kaset tinggal kenangan deh :(

    Pengaruh zaman lagi nih..

    BalasHapus
  41. sekarang jamannya serba download instan,, gak perlu pake beli udah bisa punya sendiri,, kasian juga sih,, kasetnya jadi gak laku apalagi tape recorder nya,, hehe,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang kasian banget jd gak laku...haha

      Hapus
  42. dulu aku pernah punya kepengenan koleksi beberapa album milikk salah satu band indonesia dalam bentuk kaset tipe.. tapi belum kesampean udah booming donload lewat internet ,.,., rencanaku gagal deh buat koleksi kaset tipe hhehehe


    salam kenal :)

    BalasHapus
  43. kayanya bukan cuma kaset, cd juga bakalan "tinggal pajangan" aja, soalnya sekarang kan pada donlot di internet jadi udah jarang yang beli cd... hehe..

    BalasHapus
  44. gan mohon info ane lagi nyari kaset dea ananda judulnya Assalamualaikum,klo ada mau order tlong info k email adadan621@gmail.com thx

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi