-->

Dapat Sitelink dan Tips Mendapat Sitelink Google

Diposting oleh Unknown on Selasa, 16 April 2013

Dapat Sitelink dan Tips Mendapat Sitelink Google

Dapat Google Sitelink

Beberapa hari yang lalu ketika saya Online disebuah warnet, ada sesuatu yang cukup mengagetkan. Ketika lagi asyik ngeblog, iseng-iseng googling dengan mengetik nama blog saya Fian Syauqi dikotak pencarian google. Eh ternyata blog ini dapat Sitelink dari google. Nah begini nih penampakan Sitelink dari google.

fian syauqi dapat sitelink dari google
terlihat ada 6 link artikel blog dibawah judul blog.
Namun saya masih heran dan bertanya-tanya, sebenarnya apa keuntungan dari google sitelink ini?? kemudian saya coba lagi searching di google keuntungan mendapat sitelink dari google. Dan saya ketemu sebuah blog orang Indonesia yang membuat artikel tentang itu. Nama blog itu Blogodolar. Si empu blog bertanya langsung kepada salah satu blogger top dunia asal Brazil yaitu Daniel Scocco mengenai keuntungan mendapat google Sitelink. Dan  Blogger Brazil itu pun menjawab pertanyaan itu, begini jawabannya ( terjemahan dalam Indonesia ) :

Saya meyakini ada dua keuntungan memiliki Google Sitelinks, yaitu keuntungan nyata dan tak nyata. Keuntungan nyata adalah peningkatan trafik, karena sitelinks ini akan memberikan penggambaran jelas di mesin pencari sehingga meningkatkan click trough rate (CTR) blog Anda pada queri pencarian.
Keuntungan tak nyata adalah kredibilitas (kepercayaan). Hanya situs/blog mapan dan otoritas yang memiliki sitelinks, sehingga ketika pengguna mesin pencari datang ke blog Anda setelah mengetikkan nama website atau blog Anda di mesin pencari, mereka akan memperoleh jaminan kembali dari Google bahwa konten blog Anda pasti bagus.
Dari penjelasan diatas, mengenai Kentungan nyata menurut saya cukup benar. Karena belakangan ini blog Fian Syauqi mengalami peningkatan trafik yang lumayan. Biasanya Cuma 200 – 300an view perhari, dan sekarang stabil antara 400 – 500an perhari. Bahkan hari ini mentok di 700an view. Begitu juga Alexa rank blog ini juga semakin kempes. Walaupun jumlah view segitu tidak ada apa-apanya dibanding blog-blog master SEO yang view perharinya bisa mencapai puluhan ribu, tapi buat blogger Personal yang masih berumur jagung ini cukup lumayan lah dan patut disyukuri...hehee..

mendapat sitelink google
Trafik  Meningkat ...
Mengenai keuntungan tidak nyata, saya sangat setuju. Karena memang tidak nyata. Dari statement “Hanya situs/blog mapan dan otoritas yang memiliki sitelinks” , itu yang benar-benar tak nyata. Karena kenyatannya blog saya tidaklah mapan dan tidak otoritas. Palingan yang mengenal blog ini Cuma para followers yang setia blogwalking dan teman-teman di Blogger Energy. Selebihnya tidak tahu..haha.

Dan terlepas dari nyata atau tidak nyata, Alhamdulillah saya tetap bersyukur berarti blog sederhana yang acak-acakan ini ada perkembangan. Dan tentunya akan menambah semangat saya ngeblog.  Jika sobat juga ingin mendapat Sitelink dari google, nih ada tips dari saya. Tips ini hanyalah berdasarkan yang saya lakukan, bukan nyontek dari blog-blog tutorial yang bahasanya sangat profesional, hehee ...

Tips Mendapat Sitelink dari Google  ( NB : lebih dikhususkan untuk blogger Personal )

  1. Sering-sering Update Konten. Kalau perlu dalam seminggu update 3 atau 4 kali. 7 kali pun boleh, tapi jangan satu hari diupdate sekali 7. Cukup 1 hari satu atau dua postingan saja. Artikel yang di update usahakan jumlah katanya minimal 300 kata.

  2.  Blogwalking !

  3. Pastikan Blog terdaftar di Google Webmaster Tools. Ini cukup penting. Untuk melihat perkembangan blog sebaiknya daftarkan ke Google Webmaster Tools. 

  4. Bikin beberapa artikel yang memancing trafik dari google. Contoh artikel blog ini yang memancing trafik dari google yaitu : Bocoran Soal UN SMP / SMA 2013, Smartfren Unlimited kini pakai FUP, PerubahanAturan FUP Smartfren 2013, Integrasi Iman, Ilmu dan Amal . Terbukti, viewers artikel-artikel tersebut selalu bertambah setiap hari dan setelah dicek memang asalnya dari hasil searching google. Oleh karena itu coba pikirkan judul yang kira-kira banyak dicari orang.

  5.  Setiap selesai posting, langsung lakukan Ping Blog. Ping ini berguna untuk melaporkan ke search engine bahwa blog kita baru diupdate. Sehingga blog akan lebih cepat terindex di search engine. Artikel blog ini biasanya langsung terindex sekitar 1-2 menit, dan langsung muncul artikelnya jika disearch di Google. Website ping yang biasa saya gunakan adalah Googleping.com dan Pingler.com. caranya cukup masukkan data Nama blog, URL Blog, Email, dan URL RSS ( contoh URL RSS : http://fiancivilian.blogspot.com/feeds/posts/default )

  6.  Membuat artikel standar SEO ( Cari saja caranya di blog-blog tutorial ), optimasi Onpage dan Offpage. Tetapi ini untuk artikel yang ingin dapat trafik lebih dari google saja. Saya juga jarang melakukan ini karena agak ribet. Tapi setidaknya bikinlah anchor text ditiap postingan, dan cetak tebal keyword yang dianggap penting. Seperti judul artikel ini, didalam postingan sebaiknya dibuat dan dicetak tebal. ==> Dapat Sitelink dan Tips Mendapat Sitelink Dari Google. Atau lebih baik lagi jika diberikan link yang menuju artikel tersbut.

  7. Sabar dan Tekun. Jangan percaya kalau ada orang yang bilang untuk mendapat Sitelink minimal usia blog harus 1 tahun. HOAX...optimis saja.

Okelah sekian dulu artikel Dapat Sitelink dan Tips Mendapat Sitelink Google. Saya berharap kedepannya blog acak-acakan ini dapat Pagerank dan semakin banyak teman-temannya :D. Semoga bermanfaat buat sobat :)

74 komentar:

  1. cieee yang dapet sitelink ;D

    intinya harus paham dengan trik2 seo, walaupun gak mau serius banget main seo, setidaknya paham.

    butuh perjuangan juga ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setidaknya harus ada pemahaman walau sedikit dan harus sabar,,hhe

      Hapus
  2. kalo punyaku udah dapet blum ya? pngn nyoba dulu ah!

    BalasHapus
  3. selamat sob, sitelink itu sensitif case, saya juga dulu pertama ngeblog dapet juga, sekarang ga tahu kemana perginya si sitelink itu hehe...sampai sekarang belum kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya kalau kita udah mulai jarang update kayaknya hilang sob..hhe

      Hapus
  4. Aku emang kalo buka blog mu aku ketik di google ''Blog Fian syauqi'' muncul deh. Dari pada ku masukin url kadang salah2, enath civilian, entah chivilian. Hehe

    yg d ketik di google itu apa? Judul blog?
    Aku kalo ngetik ''risah berkarya'' atau ''blog Risah'' muncul blog aku di urutan pertama, urutan ke dua twitter aku, dan selanjutnya postingan2. Dan kalo pilih 'images', keluar semua gamabar2 yg ada d blog aku.

    Apa itu berarti aku dapat sitelink dr google?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan sah, google sitelink tu seperti yg digambar diatas.. coba liat, kan fian syauqi paling atas tuh, nah terus ada 6 postingan aku yg disusun dibawahnya

      Hapus
    2. Ooowwwwww.... Yg di bawah bersusun 6 tu yg dinamakan kita dapat site link?
      Kirain asal udh muncul di google aja.. #manggut-manggut

      Penasaran aku pengen coba juga..

      Hapus
    3. kalau sekedar muncul itu baru terindex namanya sah.. :d

      Hapus
    4. kalo aku ketik judul blog, yg keluar di bawah cuma 2 postingan..

      kalo sitelink itu apa harus 6 ya? #maksa banget

      Hapus
  5. Dulu website ku ada sekarang ilang lagi,,

    BalasHapus
  6. aku kok belum ada ya.. daftar google webmaster tools dulu ah. makasih mas brooo

    BalasHapus
  7. Apa sih site link itu ?
    Klo maksudNy ditampilkan dlam search engine google, blogQ mncul jg di hlaman prtma dgn kata kunci " blog mypuccinolife "..
    Sperti itu ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan chopya, sitelink itu coba lihat gambar yg diatas :D

      Hapus
  8. alhamdulillah mas, mas fian pandai bersyukur sih jadinya hadiahnya tambah gede ya tho..
    sitelink itu kalau kita cari di google misal ketik kata Fi lalu muncul fian gitu ya mas, blog saya belum ada sitelink berarti

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah makasi mas..

      bukan gitu mas, aduh gima ya bilanginnya. coba liat gmbarnya aja mas tuh diatas :D

      Hapus
    2. wah saya bener2 ndak paham mas, tapi tak berusaha pahami aja biar tahu, masak ndak tau wong barangnya kelihatan

      Hapus
  9. selamat bangg :D

    aku malah tadinya gak paham apa itu sitelink,seo dan istilah" lainnya.. tapi stelah baca ini, lumyan tau jadinya hehe

    BalasHapus
  10. selamat ya mas, berhubung blog saya jelek jadi google ndak ngasih site link kpd saya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. walah jelek darimananya mbak..menurut saya blog mbk indah paling TOP..seriuss..alexanya <100ribu, PR 3, waduuh jadi ngilerer mbak..saya mending kayak gitu daripada dapat sitelink..hahaha

      Hapus
  11. wuih mantep sob,saya juga masih ada cuman karena blog saya banyak dengan nama account sama jadi berkurang deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh gitu ya sob..bagusnya beda akun mungkin sob..hha

      Hapus
  12. wah udah terseo secara top sepertinya fiancivilian.blogspot.com pasti GPR udah di atas 3 ini

    BalasHapus
  13. Sumfeeeh, enak banget bang ...

    Tips,nya sangat membantu nih banggg..
    Thanks , :))

    BalasHapus
  14. Keren banget.... tipsnya kapan-kapan bakal gue coba.... :D

    BalasHapus
  15. ciyee nih dapet sitelink , makan2 mas :D

    BalasHapus
  16. addduh itu grafiknya hampir tumpah gt? #mupeengg -___-

    BalasHapus
  17. keren ni blognya :) hahahaa.. maaf baru bisa mampir :P
    ngomong2 traffic alexanya boleh juga tu.. semangat teman :)

    BalasHapus
  18. Selamat Kawan,
    Mungkin dengan rajin-rajin mengupdate konten bisa memermudah mendapatkan sitelink.

    Semangat Ngeblog

    BalasHapus
  19. selamat ya yan akhrnya :) gue dulu sempet nyoba deh, mulai dari daftar google web, tp kyknya syarat yg minimal postingan itu gue gak bakal mampu -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi blog lo keren bgt yog,,udah dpt PR lagi :D

      Hapus
  20. Waaah keren nih, gue jadi banyak tau baca tulisan elo ...
    Dan gue jadi shock ngeliat viewers elo sampe nyentuh angka 700..
    Kereeen :D

    Gue udah dapet sih itu, dari dulu..
    Tinggal ketik edotz aja udah belepotan di google :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhaa..tapi entar juga turun lagi tuh jadi 500an :"(

      Hapus
  21. dapet site link dari si mbah emang sangat beruntung bang..

    menurut saya cara yang ada diatas belum berhasil bang..
    soalnya sudah saya test sendiri diblog saya (saya bandingkan dengan blog dumy saya dari mywapblog.com) dan ternyata blog dumy saya yang dapetin site link duluan (aneh nggk mas bro??)..
    padahal blog dumy saya update 1x seminggu dan blog utama saya 2x sehari.

    kesimpulan, mendapatkan site link dari google itu adalah keberuntungan (menurut saya coyy!!) gk tau kalo menurut para master yang lain..

    btw, selamat bang atas site link nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..iya mungkin juga nih blog lagi beruntung sob :D
      tapi enath untung atau tidak , kita harusmensyukuri:)

      oke makasi broo

      Hapus
  22. Selamat ya bang...
    Wahh klo gie ga bklan dpt tuch soalnya jrang post bnyak kerjaan
    Enak yach tnggal klik satu atau dua huruf aj dh muncul...
    Emnk ajibbb nehh mbah google sama blog loe jiga ga klah ajibbb nya
    Keren bro......
    Patut gue terapkan tuch tutorial loe di kehidupan maya gue
    Mkasih bro atas ksediaannya memberikan pengertian dn tutorialnya
    Bgi pemula sperti gue sngat lah membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih broo..
      oke terapkan aja sapa tau bisa :D

      Hapus
  23. Selamat ya bang...
    Wahh klo gie ga bklan dpt tuch soalnya jrang post bnyak kerjaan
    Enak yach tnggal klik satu atau dua huruf aj dh muncul...
    Emnk ajibbb nehh mbah google sama blog loe jiga ga klah ajibbb nya
    Keren bro......
    Patut gue terapkan tuch tutorial loe di kehidupan maya gue
    Mkasih bro atas ksediaannya memberikan pengertian dn tutorialnya
    Bgi pemula sperti gue sngat lah membantu

    BalasHapus
  24. kereeen...selamat yah, kayanya seringg banget deh dapet sitelink, eh saya udah pake semua poin diatas itu untuk bisa dapet sitelink, tapi rupanya ci m'bah punya rencana sendiri buat blog desa mah, ke'nya bakal dikasih warisan yang banyaaaaak kelak...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. warisan utangnya si mbah goog nanti

      Hapus
    2. rencana si mbah buat blog mang ubi adalah PR 3..hahalebih mantap :))

      Hapus
  25. Blog gue juga dapet sitelink dari google loh bang.

    Masalah nyata atau nggak menurut gue sama aja sih bang, toh gak dikasih hadiah juga. Hahaha

    kelihatan lebih keren aja kalo blog udah dapet sitelink dari google bang, kelihatan banget pemiliknya sering bikin postingan,haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. gitu ya? kalo saya nggak begitu ngerti soal ini, jadi yang penting ngeblog aja deh

      Hapus
    2. robianus : sitelink sama terindex beda rob..iya sih ga dapat hadiah apa2,,mending dapat makanan..wkwkw
      yoi belakangan ini memang sering posting :D

      mas zach : hehe lanjutkan masbro

      Hapus
    3. ngeblog bagi saya : gl pro, kereta api, dan honda kalong
      berkunjung komen, itu aja dari saya
      salam super

      Hapus
  26. mantap,sukses yah moga makin bagus trafictnya
    kunjungan perdana salam kenal blogger pemula

    BalasHapus
  27. keren mas..tentunya akan ada kepuasan dan kenikmatan tersendiri...setelah trima hadiah ini dari Google... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bakalan makan-makan nih

      Hapus
    2. haha , iya tapi kepuasan sempurna jika dpt pagerank mas..wkwk

      ayo mas, kita makan ikan hiu, saya belum pernah makan..hhe

      Hapus
  28. blognya masih muda tapi viewnya udah dapet 700 sehari, mantap abis tuh.. juara banget. moga2 selalu konsisten dan berjaya ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya muda seperti orgnya selalu awet muda...haha
      amiin makasi pak de

      Hapus
    2. alhamdulillah sudah 700 , saya nanti dulu ya dapurnya masih belepotan.
      semoga terus up up dan up
      yang punya blog sudah ndak muda tho ?

      Hapus
  29. ccciiiiieee yg dapat sitelink, cciiieee traficnya naik dang, eehhmmm jadi tambah semangat dong ya ngeblognya bang, ayooo cemungut terus...!!!

    BalasHapus
  30. taunya blog saya udah ada sitelinknya juga, ketika mengetikan "juljuplan" langsung terindeks di google. padahal pengunjung blog ku baru 10.000 minggu kemarin. kayaknya kalau banyak pengujung perhari gak menjamin ada sitelinknya deh bang. soalnya visitor ku rata-rata cuma 30 perhari..

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi