-->

Smartfren Unlimited kini Pakai FUP

Diposting oleh Unknown on Minggu, 14 Oktober 2012
Assalamu'alaikum...

Artikel ini sudah di update, Baca ==> Perubahan aturan FUP Smartfren Unlimited 2013 !!!

Nggak perlu basa-basi, dihari minggu yang cukup cerah ini saya benar-benar badmud. Pada postingan beberapa bulan lalu saya juga pernah memposting Tentang Teman Pintar. Siapakah dia? dia lah modem Smartfren super lelet yang kini semakin lelet. Namun pada posting kali ini bukan karena keluhan yang sama dengan sebelumnya, tapi karena ada perubahan sistem paket pada Smartfren Unlimited.

2 hari yang lalu tepatnya tanggal 12 Oktober 2012, pagi harinya saya download drama korea My Fair Lady ( yang maen yoon eun hye ), hehehee...nah saya heran kok download yang biasanya 50-60an kbps, jadi 100an, bahkan prnah sesekali 200 kbps... saya senang luar biasa dan melompat2 sampai kepala kejedot atap *lebay... dan download pun diteruskan dengan penuh sukacita. Lalu saya pergi ngampus. Sepulang dari kampus siang hari, saya ngenet lagi. Anehnya tidak dijumpai speed yang sama saat download. Bahkan 40 kbps pun ga sampai. Oke saya coba positive thinking dulu. Sapa tau memang lagi lelet.

SMARTFREN LELET
Image source : Here
Berkali-kali saya tes download menanti speed yang sama atau minimal 50an kbps pun gak mslah. Namun hasilnya tetap sama. HANYA BELASAN kpbs....saya tunggu sampai jam 2 malam pun begitu. Akhirnya nyerah dan tidur..zzzzzz...

Kejadian serupa terjadi juga hingga saat ini. Saya heran dan akhirnya coba googling mencari masalahnya. Dan ketemulah surat pembaca dari KOMPAS yang isinya seperti ini : 

Sekitar 1 minggu lalu saya reg paket Rp 90 ribu unlimited bulanan. Biasanya saya reg yang Rp 45 ribu dengan speed download 20KBps. Karena saya lagi membutuhkan speed yang lebih cepat maka saya reg paket yang Rp 90 ribu 1 minggu lalu. Biasanya speed download 45-50KBps, tapi sekarang tiba-tiba speed download saya 19-20KBps.
Saya sudah tahu kalo ada perubahan paket di web smart tau-nya baru pagi hari ini, yang bulanan berubah jadi 100KBps speed download tapi dengan FUP 200MB. Tadi pagi saya sedang mendownload file 500MB. Awal mendapat 100KBps lalu setelah sudah 200MB turun jadi 15-20KBps. Saya lalu cek web yang ternyata ada perubahan paket ada FUP harian.
Saya sebagai customer merasa tertipu disini, saya merasa tertipu karena saya baru saja reg Rp 90 ribu 1 minggu lalu. Dan smart tidak memberikan pengumuman jika akan merubah paket. Jika saya tau akan begini, tidak sudi saya reg paket yang Rp 90 ribu karena ada FUP harian. Lebih baik saya reg paket yang Rp 49 ribu unli 1 bulan. Karena sama-sama FUP harian 20KBps yang turun naik dari 15-20.
Jadwal download file saya hancur semua jika kaya seperti ini. Saya lebih memilih paket yang seperti dulu tidak ada FUP harian tapi speed download 45KBps Sebenernya tidak apa-apa jika mau merubah paket jika ada pemberitahuan. Jadi saya tidak reg paket yang Rp 90 ribu, yang saya tidak terima adalah saya membayar Rp 90 ribu yang setahu saya speed download rata 45KBps dalam 1 bulan. Tapi ternyata baru 1 minggu pakai lalu dirubah sistem FUP harian.
Sama seperti surat itu. Saya juga pakai paket 90ribu unlimited/bulan. Dan keluhannya juga terasa bagi saya begitu juga para pengguna smartfren lainnya terutama pecinta download.

Jadi kesimpulannya sekarang Smartfren Unlimited kini Pakai FUP (Fair Usage Policy) atau batas pemakaian wajar alias KUOTA !!. Lucunya tidak ada pemberitahuan melainkan tiba-tiba aja berubah..Parah!!..sehari dapet kencengnya cuma 500mb doang, setelah itu LELET ...ckckckc...kebijakan ini benar2 membuat kecewa para pelanggan Smartfren. Semoga aja sistemnya dikembalikan seperti sebelumnya. Jika tidak kembali ke sistem lama, solusi terbaik yaitu KUMPULIN DUIT BELI MODEM BARU...


232 komentar:

  1. oww begitu ya pantes,, kacau dah smartfren,,baru aja ngisi udah ketipu nih pake yng 90rb,,gbiasanya nyampe 100kbps,,tapi setelah itu ngedrop,,sama aja BOHONG mending yng normal dulu 50 kbps full 1 bln,,

    BalasHapus
  2. nice share sob
    maaf cuma bisa koment segini

    BalasHapus
  3. yg unli per hari pun lelet nya naudzubillah.
    Gak tau lagi mau pakek modem apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...huawei dgn kartu 3 kayaknya bagus val

      Hapus
  4. hahaha rata2 semua kartu itu sama,,gak ada yg mau rugi,,
    giliran udh bnyak yg pakai, diganti deh kebjikan biar dpt untung gede..
    hhmm makasih infonya ian,,hhe yg sabar ja yoo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu udah trik mereka...kayaknya harus ganti modem..haha
      oke va

      Hapus
  5. aku bar nyoba sekali langsung aku tinggalkan. pake Flexi aja deh! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..mantap,bagus ditinggalkan langsung sebelum skit hati

      Hapus
    2. Emang flexi bagus ya?? gw pake flexy waktu promo awal yg unlimited selama 2 bulan itu. tapi pas bulan ke tiga kacau banget kwalitasnya. sekarang gak pernah ngecek lagi. share info dong, Va :)

      Hapus
  6. kembali kacau lagi nih jelas diwebnya tertulis unlimited, kalo ternyata ada FUP nya kita tuntut aja beramai-ramai jelas kita punya bukti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana cara nuntutnya gan? ga akan mempan ..haha

      Hapus
  7. gawe speedy wae, yg mana yg murah itu yg kita pilih.. 1 bln 90rb dah ul 388 kbps , dl 128 kbps lebih stabil, tanpa FUB

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebalik mksud gue 388 dl , 128 ul

      Hapus
    2. iya sih speedy lebih stabil sebenarnya

      Hapus
    3. Ah yang bener speedy ada paket unlimited 388? kalo menurut web nya si masih kena FUP 3GB itu aja harganya masi 195rb

      Hapus
    4. kurang tau juga saya tdk pakai speedy :)

      Hapus
  8. Fren semua sama bakalan pindah nich , gue juga pecinta download
    Gue harap smartfren revisi kembali FUP harian .smartfren udah untung langsung buat seperti pailit buat lagi provider Internet baru ...
    curang curang ... Indonesia dibodohi yang ngerti IT resource .

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar tuh...gue tunggu agak sebulan dulu..kalau ga kembali seperti semula sistemnya langsung pndah provider..parah nih modem

      Hapus
  9. Cepet dech pemerintah rilis kebijaksanan 3G Broadband , muncul provider baru kecepatan lumayan walau tidak 3G5 tapi cukup untuk streaming , biar internet murah . Walaupun banyak juga yg buka2 vulgar tapi masih banyak sisi positif dari ilmu luar yg bisa deserap nich.
    Biar kaga Kuper

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaha iya setujuh, indonesia termasuk list negara yg punya speed akses intrnet rendah. malaysia aja ga gini2 amat

      Hapus
    2. Tapi kita harus bangga soalnya masih diatas timor leste (untuk sementara ini). hehe

      Hapus
  10. Ow, baru tahu saya :D

    Saya pakai smrtfren reguler 49ribu sebulan lancar saja tuh :O.

    Semoga smartfren saya terus lancar dan cepat. Amin ... (/-,-\)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus deh kalau lancar...hhe

      Hapus
    2. klo yg 49rb gak terasa .... yg udah lama pake 90rb baru terasa

      Hapus
  11. kALO gua dari dulu mpek sekarang tetep dah GSM hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. GSM itu (G)ratisan (S)ebab (M)egunakanLayananWifieKampus haha

      Hapus
    2. hahaha...kirain beneran GSM ...kalau pakai wifi kampus mah OL sepuasnya nem...

      Hapus
  12. Yakkkk betull...setuju sama rekan2 semua..bete bgt baru aja daftar yg unli 90 rb selama 5 hari eh jd berubah paket..angus deh 90 rb saya..provider yg satu ini memang jagonya ngecewain customer..ada saran dr temen2 sesama pecinta donlod, perihal provider lain yg menyediakan harga yg merakyat? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk...kita telah dibodohi ama smartpret...
      mungkin solusinya speedy aja buat para downloader :D

      Hapus
  13. dimana-mana banyak yang mengeluhkan si pintar yang sudah tidak pntar ini.
    berarti efeknya luar biasa tu??
    hheemmm, saya bukan pengguna si pinter sih jadi kagak tau bang hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaha..pokoknya jangan pernah make sipintar deh kalau saran saya.. wkwk

      Hapus
  14. mungkin si teman pintar udah mulai ngerasa bangkrut yan. makanya diisin kuota tanpa pemberitahuan lagi :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin juga yog.. bisa jadi itu. dari harga modem aja udh murah, semua serba murah

      Hapus
  15. akhh,,aku udah nonton my fair lady bang,,ahha,,
    wah,aku sih udah beralih dari smarfreen,soalnya mulai llet apalgi sekarng ada aturan baru,,hummhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa...bg mau liat yun eun hye nya aja. cakep dia disitu.wkwkw

      memang sebaiknya segera beralih deh

      Hapus
  16. untung aku nya pake internet kantor..haha

    BalasHapus
  17. . . aq sempet bersyukur cz aq gak pake itu. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. . . yg penting gak pake km. wha. . ha. . ha. . ha. . becanda kok. aq pake speedy kawan. he..86x . .

      Hapus
    2. hahaha tau kok brcanda :D

      bagus tuh, enak bnget buat download filem

      Hapus
  18. pengalamanan 2,5 thn pakai opsel yg 1 ini.
    smartfren dari dulu memang sdh kacau. waktu jaman smart, koneksinya bnr2 sesuai dgn namanya. sdh murah, ngebut, dan unlimited (no FUP, no kuota), tp sejak bergabung dgn fren semuanya berubah.
    andaikan saja jika smart tdk jd merger dgn fren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar , teman saya juga yg pakai smart lebih kencang dan stabil dibanding dengan smart+fren

      Hapus
  19. dimana-mana operator ga mau rugi kalopun ada cepeet yang murah pastinya ada syaratnya.. pake kuota.. heehee...

    BalasHapus
  20. Ada saran ngak dari sesama pecinta download, provider yang bagus selain semartpret ini. kalo bisa yang true unlimited juga.

    BalasHapus
  21. aduh.... pakai smartfren dulu gwa banga-bangakan sebagai provider yang keren buat download, kadang sehari bisa sampe 2gb downloadnya. sekarang down gwa jadinya, seharian download cuma bisa sampe 600mb. bingung mo pindah pake modem apalagisupaya bisa kayak dulu......

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya sama jg ama gw... pindah speedy aja

      Hapus
  22. smartfren sialan.... udah di pakein kuota, sering RTO lagi..bujubushet dah...

    BalasHapus
  23. ane juga mau pindah provider,,,

    BalasHapus
  24. aduuh aku baru tau sob..
    lapor #follow 73 sukses..
    follback ya gan..

    BalasHapus
  25. pantesan -_____- mana harga paketnya juga naek...
    ada yg mau beli modem smart gw ga nih? pengen gw jual aja deh, hakhakhak

    BalasHapus
  26. provider seluler skrg yg TRUE UNLIMITED(NO FUP) apa ?????
    kaya'a ga ada tuh.... >,<
    mungkin ada speedy,tp mahal... T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. flexi mungkin , tapi ntah lah ya kurang tau juga saya

      Hapus
    2. Fexi juga lelet abis gan
      Ntar Nyesel berat.....

      Hapus
    3. haha...makin bingung ni mau pilih apa...:D

      Hapus
    4. di kardus dulu tuh pktnya...smpn

      Hapus
  27. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  28. BUAT YANG PENGEN TAHU CARA JEBOL FUP SMARTFREN SEND ME EMAIL KOSONG (HARUS KOSONG) DENGAN SUBJECT : JEBOL FUP SMARTFREN
    (SUBJECT EMAIL HARUS SAMA PERSIS TULISAN DIATAS, KALO TIDAK SAMA TRICK JEBOL FUP NYA TIDAK AKAN TER-REPLY SECARA OTOMATIS)
    KIRIM EMAIL KE : AKUNKUKU2012@YAHOO.COM

    AYO KITA KADALIN SMARTFREN !!!!

    BalasHapus
  29. Wah daripada dipikirain mendingan ganti Provider aja, smartfren memang pinter minterin orang semua fitur paket dirubah, ini alamat smertfren mau bangkrut... ya mudah-mudahan aja bener... dan kalau bener... itu modem lumayan bisa dijual untuk pakanan ternak broow.

    BalasHapus
  30. gua jd makin bingung nih, gua mau bli modem baru bang .
    trus gua mesti beli yg mana skarang ????

    BalasHapus
  31. Kalo saya perasaan jadi cepet :) pk unlimited 45rb kec 100kban kalo kuotanya abis trus kaya biasa deh jadi 19-20kb/s

    BalasHapus
  32. hmm ketipu kita pelanggan smartfren..

    BalasHapus
  33. haha ane aja ampe email CSnya gan , pas udah d kasih tau ama tuh CS langsung aja bilang kecewa + saran paketnya d balikin lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya ga akan mempan walau mengasu ke CS..hha

      Hapus
  34. wah cuma iseng googling smartfren super lelet, keluarnya banyak amir. padahal baru beli 2 minggu, da ancur gini layanannya.
    slogan baru smartfren, "TRUE LIMITED, SUPER LELET".
    Sepertinya ini trik untuk memaksakan paket kuota conex nya, biar pada beralih

    BalasHapus
  35. Bagi para downloader maniak, gwa punya saran pake aja telkomsel abis tu pake paket fun night yang 5 ribu, kuotanya 1gb, kecepatan di atas rata2. sayangnya cuma bisa di pake dari jam 12 malam ampe jam 6 pagi, alamat begadang ceritanya. lebih baik dari pada smartfren yang kuotanya 250mb doang denga harga 7500, pelit banget.
    alternatif yahh pake speedy.

    BalasHapus
  36. Soalnya kalo engga di FUP, yang make kelewatan, kerjanya download mulu, kasian pelanggan lain gak kebagian bandwidth gara-gara ulah downloader ini... marilah berbagi jangan egois....

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, terserah dong gan,. seharusnya smartfren tuh yg memperluas bandwithnya

      Hapus
    2. rame2 yo sumpahin smartprenya biar cepet bangkrut...!!!!!

      Hapus
    3. mungkin memang buat membatasi pelanggan yang download ga berenti-berenti biar ga merugikan pelanggan lain...

      okelah dibatasi, okelah SMARTPRET ga mau memperluas bandwitchnya...

      cuma ganti juga dong slogannya yang katanya "UNLIMITED"!!!

      SERIUS UNLIMITED NGOMEL-NGOMEL GA ABIS-ABIS KLO KAYAK GINI!!!

      saya ga masalah dibatasi, wong saya jarang download, mungkin cuma GAME ONLINE, tapi kata "UNLIMITED" itu lho, please broooooooo, kebohongan publik ini...

      ganti slogan dengan "UNLIMITED WITH SPEED LIMITED"...

      Hapus
  37. Info tambahan dari saya, saat FUP habis, speed akan turun, namun ping tidak akan naik. jadi ga ada istilah ketemu RTO kecuali ada gangguan. nah kalo saya sih menyarankan untuk ganti provider kalo emng maksa buat jadi vampir akut. axis lumayan tuh, axis pro unlimited (paket yang 80rb), saya pakai di android saya (SGY) buat saya jadiin portable hotspot, itu bisa tembus 800kpbs pas download pake IDM, FUP nya sebulan 3GB. buat saya sih itu udah cukup 3GB, mengingat keperluan download saya yang ga begitu besar, masih dalam batas wajar. jadi ya saya masih bisa menyarankan menggunakan axis untuk downloader kelas menengah yang keperluan downloadnya kurang dari 3GB/bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuja sekali mas,... ane pake axis,... super cepet pernah tmbus download 1000 kpbs,... selama fup masih ada,.. setelah fup habis yo... 153kpbs lagi,.. INTERNET INDONESIA MEMANG MAHAL

      Hapus
    2. kalau pakai modem huawei, bisa nggak pakai kartu axis? atau harus modem khusus axis?
      cepat juga tuh ...memang dulu kebutuhan download saya lebih dari 3 gb, bahkan >6gb...tapi sekarang udah jarang download sih

      Hapus
  38. iya ni gan smartfren mengecewakan, ak jg sebagai download mania merasa ditipu sekarang sama smartfren, giliran udh laku ajh tu provider langsung ngerubah kebijakan, gua sumpahin biar pada kbur tu pelanggannya dengan kebijakan baru ini, semenjak berlakunya FUP download 7mb hampir satu jam beresnya parah...
    siap2 ganti provider nih nampaknya,yang bagus dan murah qra2 apa ya gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. hha..senasib deh kita kayaknya...iya pelanggannya mungkin jg udh bnyak yg kabur..

      kalau yg namanya modem sama aja kayaknya gan, pakai speedy aja mendingan..mahal2 dikit tak apa lah asal puas :D

      Hapus
  39. kira" yang Bagus di Bogor apa yah KK ?
    kecewa brat nh am si Kampret -_-
    speedy ap harus pke smbungan kabel telpon kaya waktu dlu" ?
    Thank Before KK

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga tau juga tuh kalau dibogor..hha
      pakai speedy aja

      Hapus
  40. 07. Apakah yang dimaksud dengan FUP (Fair Usage Policy) harian?
    Berbeda dengan layanan data lainnya yang menerapkan FUP bulanan, Smartfren Connex menerapkan FUP harian yang menjamin kenyamanan Anda.
    Fair Usage Policy adalah penyesuaian kecepatan akses yang dilakukan apabila pelanggan telah melewati batas volume tertentu dengan tujuan untuk menjamin kesetaraan kualitas layanan akses data bagi semua pelanggan Smartfren.
    FUP harian artinya kecepatan pelanggan yang telah terkena FUP akan dikembalikan pada keesokan harinya pada pukul 03.00 WIB di hari berikutnya (H+1), dengan terlebih dahulu memutuskan sambungan internet (disconnect), dan kemudian menyambungkan kembali sambungan internet setelah pukul 03.00 WIB. Waktu yang dimaksud disini adalah waktu sebagaimana tercatat pada sistem Smartfren.

    http://www.smartfren.com/data/faq.html

    Barusan kena FUP...gogling nemu yang ginian... huft...

    BalasHapus
    Balasan
    1. fup tetap tak menguntungkan downloader..hehe

      Hapus
    2. Di aturan FUP Smartfreak tertera bahwa pukul 03.00 kecepatan kembali normal...Smartfreak bohong...kecepatan baru normal kalau masuk jam 4-5 pagi, ini perusahaan bobrok manajemennya atau jam dinding mereka telat ya? smartpunk bener

      Hapus
    3. Di aturan FUP Smartfreak tertera bahwa pukul 03.00 kecepatan kembali normal...Smartfreak bohong...kecepatan baru normal kalau masuk jam 4-5 pagi, ini perusahaan bobrok manajemennya atau jam dinding mereka telat ya? smartpunk bener

      Hapus
  41. Bangkek ne semarpren (maap kasar) sumpah gedek gw ama semarpren. udah sering putus, ini jga jadwal nya g tentu. ane abis DL OS( win xp sp 3 buat sodara) yg jumlahnya 638MB. nah 500Mb lancar cman 1 jam brapa menit karna dpt 110kb/s . tpi setelah 500Mb keceptan jadi anjlok max 20kb/s (kadang eror/putus) ini buat gw jengkel. udah enak2 malah kena FUP. ini UNLIMITED ATO LIMITED SI.. trus gw sengaja g DL ato conect lgi 1 hari. tpi ttp aja masih dpt 20kb /s (padahal udah 24 jam lebih) ada yg perna kejadian kek ini g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia FUP yang dimaksud..setelah 500 mb speednya turun drastis . tetap unlimited sih, tapi kecepatannya berkurang..sialan memang..aku juga alami yang gituan..

      Hapus
    2. Sepertinya FUP itu ada manfaatnya juga, yakni keadilan agar supaya setiap orang "duduk sama rendah, berdiri sama ngambang". alias planga plongo ngliatin tuh 20kbps kaya orang bodoh yg abis ditipu.

      Hapus
    3. kalo dulu ada semboyan "merdeka atau mati" maka sekarang seharusnya "bersatu atau ditipu".

      btw thx 4 the nice blog.

      Hapus
    4. hahaa ada2 aja :D
      makasi ya :)

      Hapus
  42. Udah Feeling saya dari awal Dengan Provider Satu ini. Ga mungkin sanggup Selama nya True Unimited. Hanya buat tarik Konsumen. Seharus nya ini tugas kominfo. Para Penyedia Jasa Provider tidak bisa merubah" Paket Seenak UDEL! agar konsisten dengan apa yang dia iklankan kecuali daridulu di iklan nya di tulis Tru Unlimited Sd tangga sekian. jangan bilang Hanya Unlimited. tp ujung" nya konsumen di rugikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mereka udah bangkrut kali nerapin true unlimited. sekarang udh ga ada lagi modem yg true unlimited

      Hapus
  43. baru baca lagi, tau gini pake paket yg 45rbu aja.. niat mau coba pake yg 90, eh malah gini..

    BalasHapus
  44. Sangat disayangkan. Setelah operator GSM tidak bisa diharapkan karena semuanya menggunakan kuota atau FUP, maka satu-satunya harapan adalah di CDMA. Namun tidak berapa lama AHA yang dulunya unlimited berubah menerapkan FUP, satu2nya harapan tinggal Smartfren. Tapi rupanya Smartfren juga tergoda utk melakukan hal yg sama, shg yg dulunya menklaim true unlimited skr harus menelan ludahnya sendiri dan menerapkan FUP. Ini suatu yg tragis, internet Indonesia bukannya maju, malah semakin mundur. Harus berharap pada siapa lagi? Mudah-mudahan Pemerintah punya hati nurani untuk menyediakan internet yang benar-benar tanpa batasan. Kita semakin tertinggal jauh dengan negara lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap benar sekali..udah ga ada modem yg bisa diharapkan lagi,,
      benar2 menyedihkan internet indonesia..kapan ya bisa menyaingi korea,,,hha

      Hapus
    2. puitis bgt ... so sweet ... tapi ada pepatah terkait maju mundurnya internet suatu negara, yang mengatakan:

      "saat tentara-dunia menganggap orang lain sebagai teroris, saat itulah sang teroris bertindak demi membela bangsanya dari kepunahan".

      jadi, maju atau mundur itu sifatnya subyektif. Tergantung dari manakah anda melihatnya. Apakah anda melihatnya dari ketinggian bukit sang teroris tersebut, atau anda memandangnya dari barak si tentara-dunia.

      btw. nice comment Vioo. nice blog Fian.

      Hapus
    3. keren nih komen diatas..hehe
      makasi anonim :)

      Hapus
  45. PAKAI SPEEDY AJAAAAAAAAAAAAAAAAAA......... SIPP!!!, SELAMA INI MENCOBA SEGALA JENIS MODEM+KARTU, DENGAN SEGALA KUOTA ATAU APALAH ISTILAHNYA TIDAK ADA YANG SESUAI HARAPAN..........

    BalasHapus
  46. Makasih infonya, 1 bulan ni aq lg mikir pengen pake modem yg reg unlimited 1 bulan setahu saya Smartfrend yg punya trus aq ke konter pengen beli modemnya yg 199 ribu akhirnya gak jadi katanya dah pake kuota gak ad paketan lagi, aq jadi mikir bener gaknya, akhirnya aq mikir2 akhirnya gak jadi beli. berarti beneran ya sekarang gak ada sistem unlimited lagi trus aq googling kok iklan paketan unlimted masih ada yang bener yang mana ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2...
      tetap unlimited sih, tapi kecepatannya udah ga sama kayak dulu lagi...yang dulunya tiap hari sama, sekarang dibatasi. kalau dalam sehari udah memakai 500mb data, speednya jadi turun. download aja paling 20 kbps...kan rugi tu buat yg hobi download,, tapi kalau untuk browsing2 aja smartfren cukup bagus...

      Hapus
  47. Sebelumnya saya minta maaf jika saya tidak sependapat, bukan bemaksud memihak smartfren. Tapi sekedar mengingatkan kita untuk berpikir berbeda. Kesalahan utama smartfren adalah karena dulu membuat promo untuk menarik pelanggan secara jor2an dan terrlalu baik. Kenapa? Karena berhasil membuat kalian2 ini menjadi mewekers yang maunya intnet kenceng, sepuasnya, kalo perlu semurah2nya. Ketika sekarang smartfren masih memberi paket termurah dibanding mobile broadband lainpun semua hujatan ditujukan ke smartfren.

    Sekedar mengingatkan, mobile broadband adalah teknologi yang berbeda dengan fixed line seperti speedy. Kalau dinegara lain fixed line sangat2 murah, dengan 300ribuan kita bisa dapat kecepatan sampai 4Mbps sepuasnya alias true unlimited, tapi mobile broadband misalnya di jepang harganya memang mahal karena kelebihannya adalah mobilitas yang ditawarkan, berinternet dengan mobile broadband tarifnya bisa sampai 700ribuan untuk kuota 6gb/bulan. Kita seharusnya protes pada jasa pelayanan fixed line seperti speedy yang mengeruk untung terlalu serakah, jika dibandingkan dengan firstmedia yang harus keluar biaya banyak bikin galian sendiri saja hanya pasang tarif Rp.300.000/bulan untuk internet sepuasnya dengan kecepatan murni 3Mbps!

    Dan lucu rasanya melihat orang2 disini yang kecewa menyarankan untuk pindah ke speedy. Lihat tarif termurah speedy : Rp.195.000/bulan kecepatan 384Kbps dengan FUP 3gb/bulan, dibanding smartfren yang bisa dibawa kemana saja, tarif Rp.99.000, kecepatan 768Kbps dan FUP 500mb/HARI, ingat perhari jadi kalau dikali 30 hari maka FUPnya adalah 15gb/bulan. Inilah budaya terbalik diindonesia, kalau bayar telpon rumah +internet 400rb rasanya murah2 saja tapi beli pulsa hape 200rb saja teriak2 mahal. Tidak heran telkom speedy yang sudah memiliki semua jaringan tinggal maintenance saja bisa seenaknya menentukan tarif. Karena tidak ada yang protes, kita semua marah2nya ke operator mobile dan mengatakan mereka rakus laba. Sementara Telkom Speedy dengan monopolinya bisa seenak2nya mengeruk keuntungan tanpa ada yang keberatan. Tanya Kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Kenedi, Suka dengan analisis nte gan...!
      Btw, katanya mau ada perbaikan tuh speedy, dengan kecepan kenceng dan harga yang terjangkau. "katanya"..
      Dan itupun masih rencana, atau malah mungkin hanya wacana... entahlah... :D

      Hapus
    2. Setuju gan, pengguna internet di Indonesia lebih dari 58 juta orang.... Kita butuh ISP yang memihak pada costumer..... :v

      Hapus
    3. Setuju jg sih dengan pencerahan anda mas Kennedy...penjelasan anda sesuai banget dengan pertimbangan saya yang masih setia menggunakan Smartfriend(setia dengan agak terpaksa sedikit karena beberapa kelemahan smartfriend yang kurang agak sreg dengan kegilaan download saya hehe)...
      saya pernah pakai :
      1.Fleksih yang waktu itu promo 50rb/2 bulan ternyata jauh lbih lelet...
      2.Pernah pakai GSM Trih, kecepatan lbih oke bgt tp tmasuk mahal karena kuota 1,25 GB harganya Rp39500-di outlet langganan saya (bandingkan dengan smartfriend kuota total 6 GB harganya Rp49000..smartfriendd masih terhitung murah....)

      Cuma ya ini, gara2 aturan FUP tiba2 nongol pada opsi Unlimited Smartfriend...masuk batas FUP,,download nyaman tidak bisa diharapkan..bahkan serasa masih nyaman dulu yang tanpa FUP walau kecepatan max 60 kbps-an

      Hapus
    4. ada benarnya juga anda mas kenedy, sebenarnya tergantung kebutuhan juga. kembali ke diri masing2 saja sih. kalau nggak sabaran dengan smartfren, yaa pindah provider aja.
      speedy memang mahal sih..hhe

      @juha : ya benar tuh yang terakhir, masih nyaman dulu yang tanpa FUP..

      Hapus
    5. sayangnya gw hanya stgh setuju (gw hanya setuju di bagian monopolinya aja)

      1.speedy udah gak ada fup, gw udah tes dari 2011 fup yang tertulis tidak pernah terjadi.

      2.lalu anda bilang di jepang mahal? benar mahal jika anda mengkurs kan ke rupiah. Rp 700k itu jika dijadikan yen kira2 6000 yen (1 yen = Rp 110) dan 6000 yen itu gaji anak sekolahan part time yang masuknya gak tiap hari dan ada shiftnya. Jadi apakah itu mahal?

      3.speedy emank mahal gw akui itu tapi mereka berani menjamin kualitas mereka. gw pernah kok pasang dan testing ternyata kecepatan yg gw dapat gak sesuai dengan yang gw bayar dan itu terjadi selama sebulan karena mereka sedang ada perbaikan. Dan tau apa yang terjadi?
      bulan berikutnya gw dikasi uang selisih paket + internet gratis sebulan.
      bandingkan dengan smartfren yang mengalami kerusakan kemaren? Apa ganti ruginya? Nothing
      gw bilang gak ada karena mereka memang kasi "apresiasi" yaitu bonus 50% kuota tapi bagi mereka yang aktivasi dari 1 april - 30 april 2013. ini yang namanya ganti rugi? ini namanya promosi. mana ada ganti rugi yang dirugikan "dipaksa" ikut paket lagi alias bayar lagi.

      Hapus
  48. Lahirnya FUP bagi opsi Unlimited 49rb dan 99rb....mengubah strategi saya utk menggunakan smartf...mungkin strategi ini gak efektif buat sodar sodari setanah air hehe,tp ini pilihan yang terbaik dari kondisi terburuk:

    1.Saya tetap memakai unlimited 90rb kecepatan 768 kbps FUP 500MB/hari...nah,saya coba upgradekan ke program Double Data yang nambah saldo pulsa 100rb....memang kecepatan jadi 2x lipat (gak full 2x lipat tapi lumayan jauh lbh cepet juga) walau dengan FUP 250 MB.Justru disinilah yang lumayan, FUP dari Double Data turun setengahnya aja alias balik jadi 768 kbps bukan ngedrop ke 153 kbps....pengorbanan nambah 100rb buat isi pulsa memang..tapi 100rb ini gak akan habis atau hilang.Istilahnya seperti nitip uang 100rb aja ke dalam modem...tp dapet feature lbh baik.

    2.Atau pilih Connex Evo, dimana kamu2 bisa dapetkan 1GB hanya dgn Rp 12-14rbuan....ini sebenarnya akal2an kreatif aja. Bonus Connex Evo 1GB/potongan registrasi Connex Evo sejumlah Rp10rb dan harga perdana kosongan Rp2rb-4rb.Pendaftaran awal Connex Evo itu dipotong Rp10rb tapi kita dapet bonus 1GB,dan bonus ini sekali aja utk tiap perdana...nah bagi kamu2 yang tidak terlalu mementingkan nomor tetap, kamu bisa ganti2 perdana biar terus dapetin bonus 1GBnya.

    *Dulu sebelum ada FUP, kecepatan rata2 ternyata mampu memberikan knyamanan,mau download atau browsing apa aja gak bakal turun kecepatannya...tp semenjak adanya FUP, sebentar2 saya harus berhemat browsing agar dalam sehari tidak terlalu cepat menghabiskan nafas FUP 500 MB/hari....yah berharap aja tahun depan ada perbaikan aturan FUP setidak2nya nambah jadi 750 MB/hari dah syukur banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya setuju dengan strategi anda mas juha..
      kita memang harus pintar2 mengakali agar puas dan tidak rugi..

      saya juga punya strategi, jika punya modem GSM, pakai kartu 3. kemudian pakai paket kenyang download 10 gb cuma 50000..
      nah itu untuk jam 12 malam - jam 6 pagi.
      sedangkan diluar itu untuk browsing gunakan smartfren yang 49000 untuk browsing. jadi kalau download malam hari pakai kartu 3, selebihnya browsing pakai smartfren...

      dengan menggabungkan keduanya, pasti bisa internetan dengan puas :D

      Ya tapi mesti punya modem GSM dulu, kalau nggak punya dengan strategi mas juha lebih bagus :))

      Hapus
  49. mari kita hancurkan smartfren dengan cara pindah provider, biar kapok!!!

    BalasHapus
  50. Bener DAFUQ banget nih Smartfren..

    BalasHapus
  51. pakyu dah smartpret sekarang... lebih enak dulu speed 384kbps 99rb tp gk ada fup/kuota, mo dinaikin jadi 120-150rb jg gk masalah dah yg penting speed gk turun.. cabedech.. -_-

    BalasHapus
  52. Sumbang saran : Bagi Download Maniak, jangan beralih ke Provider lain, Smartfren masih lebih baik, karena Smartfren memberlakukan FUP harian. Siasatin aja dengan teknik Load Balancing dengan syarat minimal menggunakan 2 Modem. Ambil yang paling ekonomis, masing2 modem menggunakan paket Reguler Bulanan, Total harga 2xRp.49.000=Rp.98.000. Speed DL sebelum FUP 2 X 384Kbps = 768Kbps. Ketika keduanya telah mencapai FUP speed menjadi 2 x 153Kbps = +/- 300 Kbps, masih nyaman kan?, apalagi yang satu menggunakan paket Premium dst.

    BalasHapus
  53. klo gua ttp pake smartfren
    gua gamers menurut gua pakai smartfren ga teralu buruk untuk bermain game on tapi untuk download FUP speed smartfren memang menjengkel kan
    tapi untuk itu semua gua pakai 2 modem smarfren dan GSM
    gua pakai three dengan kuota ++ kenyang download (mulai 00-06)
    dengan pilihan tarif
    500mb 5rb
    1,5gb 10rb
    10gb 50rb (HOT)
    untuk speed download jangan di tanya lagi ngibrit kaya di kejer kunti
    ahahahah

    so untuk maximalkan proses download
    saat 00.06 - 23.59 gunakan smartfren FUP speed hingga 600mb kan /hari
    sisa nya saat 00-06 pake deh three

    smart paket 45rb + three 50rb
    95rb download kenyang

    klo abis kuota ya apa salah nya beli lagi habis2 200rb unl + 30gb three (wow bangetkan) untuk memuaskan batin download /bulan y murah lah bagi gua
    soal itu lah cara satu2 nya menurut gua yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini benar banget, menggabungkan three kenyang download dan smartfren itu solusi paling cerdas..

      gua sekarang pakai three karena smartfren udah rusak dibanting, coba kalau smartfren gak rusak, pasti pakai cara yang sama dengan yang lo sebutkan. itu memang solusi terbaik khususnya buat downloader :D

      Hapus
  54. Kasusnya sama dengan saya ga, tadinya saya juga menggunakan paket 45rb,
    karena suatu kebutuhan akhirnya saya terpaksa menggunakan paket yang 90rb, tau2 diganti pake fup, saya juga merasa tertipu,

    kalo ada waktu luang silahkan kunjungi royaliz.blogspot.com terima kasih

    BalasHapus
  55. udah saya duga dari pertama kali mau beli ni modem setahun yg lalu.
    ternyata cuma setahun aja bertahan nawarin paket internet TRUE UNLIMITED nya.

    lbh enak aturan yg dulu daripada pake sistem FUP gini.

    lbh baik ganti slogan, jng I HATE SLOW. tapi Smartfren is SLOW !!

    BalasHapus
  56. padahal gua baru beli nih kemarin smartfren ac782 rev.a ..
    tapi lumayan lah kalo buat game ol cf..
    kalo pake flexy bagus gk..?

    BalasHapus
  57. Kadang kok connect nya susah ya gan.,.,
    apa i hate slow itu hanya untuk tempat tertentu??

    BalasHapus
  58. sc simpanshe selalu dihati :v
    true unlimited , no fup , speed 7.2Mbps
    dan yg terpenting, 20k/month

    BalasHapus
  59. kayaknya turun lagi fup nya.untuk yg 99 ribu tinggal 250 Mb
    makin ancur aja ni smart

    BalasHapus
  60. memang smart tuh tak curigai udah lama...ternyata emang bener.....preeetttt

    BalasHapus
  61. Parah Gan wa pake smartfren terkadang sampai ...Bytes/s,hampir wa banting tuh modem.wkwkwwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan hampir dibanting, gw malah udah rusak dibanting..wkwkw

      Hapus
    2. berserk amat mas? sampe ngebanting modem... lagi download BF terus failed ya? wkwkwkww...
      itu modem adik wa nemu mas dijalan (serius), kartu akhirnya beli di pinggir jalan (serius juga), dan karena kartunya cuma yg biasa (32k bukan 64k), akhirnya saya replace kartunya bayar 5000 rupiah di galery smartpret yang ternyata kantornya juga di PINGGIR JALAN, yah ternyata SMARPRET MEMANG ANAK JALANAN...

      Hapus
  62. wa baru aja ngisi dari paket unl 50 ke 99 ribu mo nyoba apa memang demikian seperti kasus kasus diatas,...eh ternyata bener ,..wa rasa sama aja antara kecpatan yg isi 50 dngan 99...wahhh ampun dj,..nyesel 50 ribo dunk wa....cur lah smarrprettttttt skg..

    BalasHapus
  63. Update sekarang malah lebih parah, yang 49rb sebulan FUP bukan harian lagi, tapi bulanan, satu bulan cuma 2gb... parah banget.... siap siap pindah ke gsm ni,,,

    BalasHapus
  64. itu buat downloadnya ya kak?kalau kecepatan aksesnya juga sama ngk?kalau download tan turun pa efek aksesnya juga turun. . .

    BalasHapus
  65. itu buat downloadnya ya kak?kalau kecepatan aksesnya juga sama ngk?kalau download tan turun pa efek aksesnya juga turun. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya jika FUP ( batas pemakaian wajar) sudah habis, maka kembali turun kecepatannya. baik itu download maupun browsing. kalau download kan otomatis banyak memakai kuota, jadi lebih cepat habis FUP nya, maka kalau habis FUP nya aksespun jadi lelet..jadi ga usah dipakai download aja..hehee

      Hapus
  66. Belum sampai 1 bulan saya beli modem smartfren AC692UI setelah itu saya download sampai 4GB-5GB padahal setau saya ada gratisan 1-2 bulan gitu
    ehh tau-taunya keesokan harinya setelah download 4GB udah kagak bisa browsing lagi.
    Emang gila triknya Smartfren udah ngebuat semua pelanggan tertarik dan tiba-tiba ngerubah kebijakan yg merugikan bwt konsumen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...makanya sebelum beli cari2 dulu infonya sob, pelajari semua kelebihan modem2 yang ada di indo..

      iya begitulah strategi bisnis mereka..hehe

      Hapus
  67. fup smartfren kayaknya diturunkan deh,aku biasanya sehari down. bisa dapet 500mb,tapi sekarang baru dapet 250mb speed dah turun...payah...

    BalasHapus
  68. oh trnyta FUP ti ky gtu...!! ah payah,udh sneng abis speed jd kncng trnyta cma smentra ja en bkal turun drastis speed'a. pusing deh!!!.

    BalasHapus
  69. ane kyknya beralih ke provider seblah aja dah.. meskipun kuota/bulan sekian 8GB itu lebih murah dari harga smartfren yg skrng fupnya 6gb/bulan.. murahnya 2kali lipat lg, kecepatn download bs sampai 600 - 900KBps, KB ya, bukan kb :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh 6gb/hari mksdnya.. klo di bandinkan stabil mendinglah..

      Hapus
  70. dulu masih mending FUP harian masi bisa napas, sekarang paket unlimited 49rb cuma dikasi jatah FUP 2GB untuk 1 bulan...nyesel gua keburu beli paket smartfren unli 49rb, baru 3 hari FUP udah abis, apa yg terjadi stelah FUP abis?? ibarat "idup segan mati tak mau" dari pada emosi trus ampe akhir bulan mending pindah ke provider GSM. XD

    #nih gue coba bandingin smartfren vs GSM, disini gue pke axis
    gue bandingin paket smartfren neo unli 49rb FUP 2GB, sma Axispro unli 49rb FUP 1,5GB, sinyal smartfren EVDO / Axis HSDPA. gue coba DL video bokep pake IDM, dan hasilnya:
    TES masih ada quota
    -smartfren DL:50kbps - 70kbps
    -AxisPro DL:300kbps-800kbps
    Quota habis
    -smartfren DL:5kbps-10kbps
    -AxisPro DL:20-30kbps

    #ingat gue gk nyuruh kalian pindah ke provider lain ya! tetap pilihan ada di tangan anda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong bedain b=bit B=byte,
      ada quota
      smart 50-70 kbps = 6,25-8,75 kBps itu mah lemot banget ga bisa nafas.
      kalau maksud anda 50-70kBps harusnya anda menulis 400-560 kbps.

      Hapus
    2. loh gak tau ya klo fup barunya 2x sekarang dan emank fup ke 2 nya terjun bebas ke 64kbps alias 8kBps

      Hapus
  71. kalo ikut yang pasca bayar smartfren kira2 cepet ga ya itu?
    soalnya harga perbulan 90rban kecepatan dl768 ul384 FUP harian 500mb, luamayan nih sebenernya tp gatau dilapangannya bagaimana....
    tp ga enaknya pasca bayar itu terikat ya

    BalasHapus
  72. kabar buruk, sekarang malah lbh parah... fupnya sebulanan bkn perhari lagi.... kl kyk gini kayaknya mesti pindah provider nih kyknya...

    BalasHapus
  73. waduh...gw nyesel banget udah ngisi Pulsa 100rb buat smartfren gw. Pas log in di situs data.smartfren tadinya mau beli paket unlimited 99rb/bln, eh gw liat udah berubah paket 99rb/bln DL 1024Kbps tapi FUP 6GB/30 hari.
    hampir aja ane beli tuh paket, pas ketemu blog ini, alhamdulillah menolong juga. jd pulsa gw masih utuh, cuma bingung mo dikemanain nih pulsa..???
    ane posting comment ini menggunakan modem novatel kartu 3, akses lumayan kenceng gratis 1 tahun 11 situs populer (Facebook, KlikBca, okezone, google, dll).
    Mudah-mudahan Provider Smartfren merubah kebijakan yg ada skrg, terimakasih buat agan-agan yg udah share tentang smartfren-nya. Skrg ane lagi mikir mo hijrah ke Provider mana yg Unlimited, murah dan kuenceng tanpa FUP...?

    BalasHapus
  74. Dari sekian banyak comment..mana nich yg kasih solusi jitu???
    ANTI NGEBUT & SUPER LELET !!!! Harus segera di musnahkan...

    BalasHapus
  75. DEMO AJA yuk.. makin ke sini internet di indonesia makin mahal aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mening kita pindah kewarganegaraan aja gan, yang murah dan cepat ya di japan haha

      Hapus
    2. emang bener banget tuh, kalo enggak kita narik kabel aja dari sana :D (ngaco)

      Hapus
  76. BAHAYA INI BANYAK PELANGGAN SETIA SMARTFREN YANG MENGELUH ATAS KEBIJAKAN FUP SMARTFREN YANG PERBULAN CUMA 2 Gb, MESKIPUN BELUM SAMPAI SATU BULAN SUDAH MENCAPAI KUOTA MAKA KECEPATAN BROWSING MAUPUN DOWNLOAD AKAN TURUN DRASTIS. MAKA SMARTFREN HARUS BERFIKIR LAGI TENTANG KEBIJAKANNYA TERSEBUT BILA TIDAK KHAWATIRNYA BANYAK PELANGGAN SMARTFREN AKAN BERALIH KE PROVIDER LAINNYA.

    BalasHapus
  77. aduh aduh ni orang indonesia memang pada bego atau tolol saya tidak tahu b=bit, B=Byte. Jangan dicampur aduk jadi bingung yang mbaca masa mbandingin axis sama smart download 5kbps berarti 5/8 kBps=kilo byte per second. parah parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya tau. hanya karena ingin cepat mengetik makanya langsung saja ketik kbps.
      jangan langsung bilang org tolol, apa orang tua anda tidak mengajarkan sopan santun? atau orang tua anda juga tidak terdidik??

      Hapus
    2. wakakakakakakak...

      mengutip orang lain...
      "menghina orang sebenarnya menghina diri sendiri, karena saat seseorang mulai menghina orang lain, kejelakan dan sifat dasar orang yang menghina justru bisa terlihat lebih jelas"...

      saya golongan orang tidak terdidik...

      wakakakaka...

      kbps, KBps, KBPS, kbPS wa malah ga tau bedanya...

      maaf karena saya terlahir tolol...

      Hapus
  78. solusi smartpret lemot = tinggalkan smartpret dan gunakan provider lain
    ayoo migrasiii

    BalasHapus
  79. setuju gan tp tp migrasi kemana? ;;;bingung;;;
    semua pada seperti itu,

    BalasHapus
  80. payah nih gan ane juga..
    kemaren baru isi pulsa 100 ribu ane paketin yg 6G..
    lemotnya minta ampuuuunnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  81. pake smartpret masih nampol koq, klo pake 2 atau 3-4 modem di load balancing hehehe..

    ane pake 3 modem mayan download masih nampol meskipun densus FUP smartpret lapis kedua nongol (64Kbps itu masbro :p)

    3 modem dijejelin paket neo unlimited @49 ribu (modal 150 ribu buat beli paket) masih lebih murah dibanding spidol unlimited 384Kbps setelah ppn + abodemen telp :p

    sebelum FUP 512Kbps*3 modem = 1536Kbps (1,5Mbps) browsing/donlot seger masbro hehehehe...

    Densus FUP lapis pertama 153Kbps*3 modem = 459Kbps (masih nyaman browsing/donlot :p)

    Densus FUP lapis kedua 64Kbps*3 modem = 192Kbps (mayan masih enak buat browsing/donlot yg echi2 ntu mah masbro hehehe.. :p)

    kekurangan = kudu modal modem banyak :( hiks..hiks..hiks

    BalasHapus
  82. Kalau pengalaman saya, baru terjadi 1 minggu ini. Beli pulsa 100 rb berharap dapat kuota 6 GB plus bonus 3 GB hingga total 9 GB. Tetapi baru beberapa hari, total pemakaian kurang lebih 3 GB, mendadak sudah tidak bisa akses internet.
    "...kuota anda sudah habis... bla bla" hiks...hiks...
    Langsung deh.. aktifin modem GSM lama gue... lupakan smartfren. tunggu review positif dari yang lain dulu. :)

    BalasHapus
  83. Walau apa kata orang tapi gw tetep pilih smartfren yg nyatanya emang paling murah dibandingin ama oprator gsm ato cdma yg lain..!
    Kalo agan2 yg emang hobi bgt bgt bgt bgt download mending pake speedy aja deh,,

    BalasHapus
  84. Smartfren emang smart (tapi tidak fren) buat bego-begoin para pelanggannya tapi ya kepaksa ane pake soalnya gak ada yang murah dan murahan dari smartfren, Hidup di negara ini emang banyak asemnya dari pada manisnya. Salam I love slow

    BalasHapus
  85. hidup di dunia ini memang harus pinter ngakalin kaya operatornya smartpret

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. pakai fastnet/first media gan.....atau biznet kalau saran saya sih pakai biznet aja
    ane juga gak tau knp hrs pakai biznet sejak temen ane punya usaha warnet dari speedy beralih ke biznet
    speedy jg kadang suka bermasalah juga gan.....
    temen kampus ane juga waktu pakai speedy tau-tau koneksi gak nyambung setelah d konfirmasi k pihak speedy ternyata temen ane belum bayar tagihan bulanan d bulan sekian padahal temen ane udah bayar semua lunas....sampai-sampai orangtuanya marah-marah dan akhirnya di cabut tuh kabel speedy sama temen ane dan gak pakai speedy lg

    maaf curcol sedikit gan....heheh :)

    BalasHapus
  88. solusi selain hijrah up ne gan?

    BalasHapus
  89. AYO MARI KITA SAMA2 "SUMPAHIN" SI BANGKEK INI AGAR BANGKRUT!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi