-->

Point yang Penting dimiliki Sebelum Belajar Gitar

Diposting oleh Unknown on Kamis, 04 April 2013
Gitar menurut saya sebuah alat musik yang sangat penting untuk dimiliki. Kalau lagi ngumpul-ngumpul bareng ama teman atau keluarga, rasanya tidak sah kalau tidak ada gitar. Minimal harus ada seseorang yang bawa gitar jika lagi ngumpul, karena tanpa benda ini ngumpulnya bakalan terasa hampa...hehe, itu menurut saya sih.

paul gilbert
Gitar juga bisa menjadi mata pencaharian. Misalnya para pengamen yang nongkrong di bus, rumah makan, cafe, dll. Bisa juga jadi senjata buat ngerayu cewek....#halahh.....Atau yang lebih expert lagi anak-anak band yang hobinya manggung sana sini dan dapat duit. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin belajar gitar. Terutama laki-laki. Bahkan ada teman saya bilang dia ingin belajar gitar, katanya malu kalau laki-laki tidak pandai gitar...hahaa... tapi nggak juga menurut saya. Tiap orang kan punya kelebihan masing-masing.

Nah untuk teman-teman yang benar-benar ingin belajar gitar, menururut saya ada Point Utama yang harus dimiliki sebelum memulai belajar. Point Utama tersebut adalah :

BAKAT ALAMI

Saya tidak tahu apakah benar-benar ada istilah bakat alami atau tidak. Namun saya akan coba mendefinisikan sendiri maknanya. Menurut saya bakat alami itu adalah bakat tentang sesuatu yang sudah ada pada diri manusia sejak lahir, yang merupakan anugerah dari Allah. Sebagai contoh berbakat dalam musik, menggambar / melukis, menari, atau kepintaran juga menurut saya merupakan bakat. Bakat alami ini biasanya diturunkan dari orang tua. Bisa kita lihat contohnya Gita Gutawa, Kevin Aprilio, Al el dul. Mereka itu adalah keturunan musisi yang hebat.

Nah jika ingin pandai maen gitar, tentu yang paling utama harus punya bakat dulu dalam musik.

Bagaimana cara mengetahui orang yang berbakat musik atau tidak? ?

music
Mudah saja, tes saja orang itu menyanyi dan iringi dengan gitar. Jika dia bisa ikut tempo dan nadanya tepat dengan nada dasar lagu, berarti dia berbakat. Tapi tesnya untuk beberapa lagu dengan nada yang berbeda, jangan Cuma satu. Kemudian untuk lebih memastikan, coba mainkan kunci gitar yang salah ketika mengiringi orang itu bernyanyi. Apabila dia merasa ada yang mengganjal seperti kuncinya tidak masuk / tidak sesuai dengan lagu, nah itu sudah jelas dia berbakat dan peka terhadap nada. Orang yang seperti itu berarti punya bakat alami dalam musik, sekalipun sebelumnya dia belum pernah bermain alat musik.

Atau selain tes nada, bisa juga tes ketukan atau bermain dengan tempo. Tes ini lebih cocok untuk yang ingin belajar drum. Berhubung saya sangat lemah dengan alat musik perkusi, jadi tidak begitu tahu caranya..hehehe . Jika seseorang sudah memiliki bakat itu, maka feelingnya juga bisa diasah.

Selanjutnya untuk bisa bermain gitar, perlu point kedua yang tak kalah penting, yaitu :

KEMAUAN

Kemauan merupakan point yang sangat penting juga jika ingin bisa bermain gitar. Namun perlu dicatat, jika kemauan yang kuat namun tidak dibekali dengan bakat alami, maka kemungkinan besar sangat sulit untuk bisa bermain gitar. Kalaupun bisa, mungkin hanya hapal kunci saja, namun tidak mempunyai feeling terhadap nada dan ketukan. Makanya point Bakat Alami saya letakkan diawal.

Apabila bakat sudah tertanam didalam diri, perlu kemauan keras untuk dapat bermain gitar. Jika ingin “benar-benar” serius ingin pandai harus usaha, latihan rutin, dan sering-sering mendengar lagu. Mulailah belajar dengan lagu-lagu yang mudah terlebih dahulu. Pahami akord-akord mayor, minor. Setelah paham semua akord mayor minor, barulah beralih ke akord 7, M7, m7, diminished, sustain, dll. Selanjutnya belajar maen melodi ( ini yang paling berat ) ..

Perlu diketahui, untuk membedakan orang yang benar-benar serius atau tidak belajar gitar lihat saja ujung jari2 ditangan kirinya. Jika hancur lebur dan terasa kasar, berarti itu pertanda dia telah berlatih cukup keras. Namun jika masih mulus, nah berarti belajar gitarnya setengah hati dan hanya sekedar ingin bisa beberapa lagu saja.

Kemudian point yang terakhir yaitu :

PUNYA GITAR SENDIRI

Mempunyai gitar sendiri juga merupakan point yang penting. Milikilah gitar dengan harga yang lumayan mahal ( saran saya ), karena jika memang serius ingin pandai, ketika sudah bisa bermain akan terasa nikmatnya pakai gitar mahal. Saya menyesal punya gitar banyak namun harganya standar, yaa paling mahal Cuma 600 ribu. Mendingan punya 1 saja tapi yang harga 2 jutaan...wkwkwk
Ya intinya mau mahal atau murah, belilah gitar sendiri. Tapi ingat, bedakan murah dengan murahan. Hehee...

gitar fian syauqi
My Caraya.... gitar kesayangan saat ini. sempat
rusak dibagian fret selama 1 tahun, dan sekarang
kembali normal...
Oke sekian dulu artikel Point yang Harus dimiliki Sebelum Belajar Gitar. Bagi teman-teman yang sudah pandai nggak perlu membaca ini. Dan buat yang pengen belajar, apakah point-point diatas sudah dimiliki?? Kalau sudah, lanjutkan belajar. Karena :

Calon suami yang baik adalah Pemain Gitar...wkwkwk


43 komentar:

  1. aku pernah belajar gitar. duluuu banget sama kakak sepupuku yg lagi liburan di rumahku. tapi baru bisa 2 kunci, si kakaknya harus pergi kerja lagi. sama emang akunya juga nyerah sih. abisnya sakit megang senar2nya. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha kalau awal2 memang sakit syifa. tapi kalau udah terbiasa malah nggak terasa :D
      belajar lagi aja, ntar kita duet..hhe

      Hapus
    2. Fian bisa gak orang gak punya bakat bisa main guitar

      Hapus
  2. saya dulu penganut paham bahwa main gitar adalah bakat alam.
    sampe tahun lalu pun saya masih berpandangan seperti itu. tapi setelah saya coba doktrin anak perempuan saya, yang tadinya apatis sama gitar, menjadi suka dan mulai bisa main gitar, maka teori bakat alam bagi saya udah gugur. hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya mungkin bakat terpendam si arien udah ada tuh mas diturunkan oleh ayahnya, cuma saat itu belum kelihatan aja. dan karena sebelumnya dia mungkin memang nggak berminat, makanya apatis gitu ..hhe..

      saya banyak sekali teman yg minat keras bgt maen gitar mas. tapi karena memang ga ada bakat, diajari berkali2 pun ga sanggup menyesuaikan nada, tempo dll.. palingan cuma hapal kunci..

      Hapus
  3. saya ko nggak bisa-bisa ya,mungkin nggak bakat kali he...he...

    BalasHapus
  4. dulu pernah sekali belajar maen gitar sama tetangga.. sampai sekarang gak bisa2.. emang gak bakat kayaknya hhaahha

    BalasHapus
  5. tapi begini bang Fian, semua point utama yang disebutin tadi ada dalam diri saya
    tapi tetep aja kagok banget main gitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kurang berminat kali,,kalau memang benar2 ingin bisa tuh :D

      Hapus
  6. aku pernah bang diajarin maen gitar,, jari2ku malah rasanya kakuuuu.... ngenes pokoknya, mending maen keyboard aaja *g nyambung*

    pengen beli gitar juga, yg harga 200ribuan, tapi belum kesampean :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli lah zim, biar gaull..ehehe
      tapi men kibord bagus jugat tuh, biar kayak kevin aprillio

      Hapus
    2. bukan keyboard itu... tapi keyboard komputer...

      Hapus
  7. Waaah saya yang termasuk nggak lihai nih memainkan gitar :D

    BalasHapus
  8. artikel yang menarik..mengenai bakat musik :)
    trims..

    BalasHapus
  9. wihh, kalimat ini berkilau banget yak "calon suami yang baik adalah pemain gitar " -_-

    BalasHapus
  10. pas ini postongannnya..saya lagi pengen belajaran gitar..
    tapi kagak punya duit

    BalasHapus
  11. Gue setuju banget penjelasan ini Bang "Jika seseorang bisa ikut tempo dan nadanya tepat dengan nada dasar lagu, berarti orng tersebut berbakat.

    Bener tuh, kemauan harus ada. Kalo serius pasti bisa.

    gue dulu, waktu hari pertama belajar gitar hari ketiga lansung beli gitar sendiri.

    BalasHapus
  12. Yaaah gue enggak berbakat, gue buta nada -___-
    Gak paham kalo ada salah2..

    Tapi bener, harus punya gitar sendiri biar latihan terus sampe jarinya minta perlindungan ke eyang subur

    BalasHapus
  13. gue suka musik :) sampai sekarang alat musik yang paling sering gue mainin itu bass :)

    BalasHapus
  14. Suka musik, tapi belom bisa main gitar... ajarin dong...
    masih terkendala karena belum punya gitar

    BalasHapus
  15. yeah...jelek jelek begini, kalau cuman buat bekal bergaul sih jrang jreng lagunya rolling stones sih lumayanlah..;o)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee lumayan kang, yg penting ada yg bisa dimainin :P

      Hapus
  16. .. kayaknya sich kemauan dech yang utama. cz kalo tanpa itu, kita tak akan pernah bisa menikmatinya n rasa ingin bisa nya sangat tipis ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kalau tak ada bakat sama sekali biasanya ga bisa2 phie..haha

      Hapus
  17. weh saya sudah bisa sobat

    tapi belkum terlalu mahir,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus tuh, ga perlu mahir yang penting bisa aja :D

      Hapus
  18. mantap banget ni..

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. sepertinya saya ga bakat.
    padahal enak kalau bisa main gitar

    BalasHapus
  21. Dulu aku pernah belajar main gitar Kak..
    Tapi udah lama gak main sih..
    Jadi lupa -_-
    Hahahaha

    "Calon suami yang baik adalah Pemain Gitar"
    Kak Fian bisa main gitar kan ya? :3 :p

    BalasHapus
  22. Salam kenal bagi yg ingin mengunduh pelajaran gitar untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia, GRATIS di http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    BalasHapus
  23. Ah sedih banget urutan pertama kudu bakat alam. gue sama sekali gak ada jiwa seni tapi lagu keranjingan gitar. awalnya cuma mau bisa bbrp lagu aja. tp nanggung. jd belajar sekalian yg serius. Padahal kalo karaoke aja sering off beat. hiks sepertinya bisa main gitar cuma mimpi ><

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi