-->

Menggunakan Waktu Luang

Diposting oleh Unknown on Jumat, 20 Juli 2012
menggunakan waktu luang
Dalam perjalanan kehidupan sering kali kita jumoai waktu-waktu yang kosong tanpa aktivitas, seperti pada saat liburan, cuti ataupun tidak ada tugas yang dikerjakan. Terkadang ada sebagian orang yang menghabiskan aktivitas-aktivitas yang mungkin kurang bermakna, seharian penuh didepan televisi tanpa menghasilkan produktivitas sedikitpun, aktifitasnya tidak jauh dari kasur, meja makan dan sebagainya. Namun ada sebagian orang yang tidak bisa 'hidup' jika masih tersisa waktu yang dimilikinya, sedikit saja waktu kosong tanpa sebuah aktivitas. Untuk itulah, apabila anda tidak ingin merugi dengan 'perniagaan' waktu anda ini, maka manfaatkanlah sebaik mungkin waktu luang anda untuk menghasilkan sebuah produktivitas yang dapat bernilai manfaat. Dengan cara apa? 

1.  Berfikirlah kreatif dan ciptakanlah produktivitas

Bagaimana cara kita membangkitkannya? ..
cobalah berpikir tentang "Apa yang bisa kita lakukan saat ini?" Munculkan dalam pikiran anda tentang "Apa yang belum dilakukan oleh orang lain?" maka lakukanlah ! .tentunya sesuatu yang positif.

2.  Manfaatkanlah waktu anda untuk selalu belajar

Biasakan banyak membaca dan menghasilkan karya-karya besar dalam waktu luang kita itu. Betapa banyak orang yang telah menghasilkan karya besar disaat mereka berada dalam waktu luang yang banyak.Perhatikan bagaimana Hamka mampu menelurkan karya besar berupa tafsir Al-Azhar, bahkan hal itu terjadi disaat beliau sedang berada didalam penjara. Begitu pula dengan Abdul Qadir Jaelani, yang dikenla dengan singa podium pada masa orde baru karena kasu Tanjung Priok. Anehnya mereka menghasilkan karya-karya besar disaat mereka berada didalam penjara dunia yang memiliki waktu luang yang cukup panjang.

3.  Bersantailah dan Bergembiralah

Carilah banyak pengalaman dengan banyak melakukan sesuatu yang baru. Temukan banyak pelajaran dari kegiatan bersantai anda itu. Mungkin anda bisa mengisi waktu luang anda dengan berjalan-jalan, bermain dengan anak-anak dan keluarga anda, atau aktivitas yang sangat banyak manfaatnya namun tetap bisa menghibur dan mengisi waktu luang anda. Hal ini seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar besar sekarang, dengan mengadakan out-bond atau aktivitas ceria di alam terbuka namun tetap mampu menggali nilai-nilai.. Satu hal yang harus diperhatikan, kalaupun anda melakukan aktivitas santai dan bermain-main, cobalah cari dan temukan hikmah, pelajaran dan pengalaman yang banyak dari setiap aktivitas itu. Sadarilah bahwa Allah SWT menciptakan dunia ini adalah sebagai medan bermain. Sebagaimana Firman-Nya dalam Al-Quran : "Dan tiadlah kehidupan didunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka." (QS.Al An'am : 32).
Namun sadarilah bahwa permainan dan perhiasan dunia ini hanya akan bermakna permainan belaka apabila anda tidak mampu memberikan sentuhan-sentuhan makna yang berarti dalam setiap permainan yang anda nikmati.
Untuk itu maka temukan Ibroh  dan pelajran yang terbaik dari setiap langkah permainan dunia anda itu. Bersantailah dan bergembiralah, karena kegembiraan akan menjadikan anda selalu bersemangat dalam hidup dan mengantarkan pada sukses anda.

Semoga kita semua termasuk saya bisa memanfaatkan waktu luang dengan baik :)


sumber : Belajar dengan Hati Nurani, Akh. Muwafik Saleh. Penerbit :Erlangga

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi