-->

Jembatan Rangka Batang ( Truss Bridge )

Diposting oleh Unknown on Rabu, 25 Juli 2012
Jembatan Rangka Batang terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan balok-balok melintang dan pengaku lateral. Rangka batang pada umumnya dipakai sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit bagian demi bagian. Jembatan ini juga ekonomis untuk dibangun karena penggunaan bahan atau material yang efisien. Semua rangka batang dapat menahan beban-beban yang bekerja dalam bidang rangkanya. Akan terjadi gaya tarik mapun tekan ditiap-tiap batang jika terdapat beban.
Berikut ini ilustrasi komponen-komponen rangka batang jembatan:

Truss
Komponen bagian Typical Truss Bridge - View Elevation


isometri truss bridge
View Isometri


ilustrasi beban
Ilustrasi beban pada jembatan


type of truss bridge
Tipe rangka batang jembatan

Beberapa tipe Rangka batang pada jembatan

1.  Allan Truss

Allan Truss dirancang oleh Percy Allan. Sebagai contoh Hampden Bridge ( Waga-waga),  
New South Wales, Australia, yang merupakan proyek pertama dari jembatan truss Allan, pada awalnya dirancang sebagai jembatan baja.

Untuk mengurangi biaya, jebatan ini dibuat dengan kayu. Dalam desainnya, Allan menggunakan ironbark Australia untuk kekuatannya. Sebuah jembatan yang sama juga yang dirancang oleh Percy Allen adalah Jembatan Victoria di Prince Street Picton, New South Wales. Juga dibangun dari ironbark, jembatan ini masih digunakan sampai sekarang untuk pejalan kaki dan lalu lintas ringan.

waga waga
Hampden Bridge

2.  Bailey Bridge

Bailey Bridge dibangun di atas Sungai Meurthe, Perancis , yang Dirancang untuk penggunaan militer. Elemen  prefabrikasi dan rangka batang standar dapat dengan mudah dikombinasikan dalam berbagai konfigurasi untuk beradaptasi dengan kebutuhan di lokasi. Dalam gambar dibawah dapat diperhatikan penggunaan prefabrications dua kali lipat untuk beradaptasi dengan rentang dan persyaratan beban. 

Bailey Bridge
3.  Lattice truss(Town’s lattice truss)

Lattice Truss merupakan sebuah jenis jembatan tertutup. sebagian besar jembatan ini menggunakan elemen ringan, sehingga dapat meringankan tugas konstruksi. Elemen Truss biasanya bisa dari kayu, besi, atau baja.

Lattice truss
Lattice Truss
4.  Fink Truss

Fink Truss t dirancang oleh Albert Fink dari Jerman pada 1860-an. Jenis jembatan ini dipopulerkan pada  Jalan rel Baltimore dan Ohio. 

Jalan rel Baltimore dan Ohio. 

5.  Pratt truss 

Pratt Truss memiliki anggota batang berbentuk vertikal dan diagonal yang melandai turun ke arah tengah, kebalikan dari truss Howe. Model ini dapat dibagi lagi dengan menciptakan pola yang berbentuk Y dan K .Truss Pratt diciptakan pada tahun 1844 oleh Thomas dan Kaleb Pratt. Truss Ini praktis untuk digunakan dengan rentang hingga 250 kaki dan merupakan konfigurasi umum untuk jembatan kereta api. Berikut ini contoh design Pratt Truss .
pratt truss design
Pratt truss design




6. Waddell truss
Waddell "A" truss (1898bridge). Jembatan ini dirancang oleh John Alexander Rendah Waddell. Bentuknya yang sederhana memudahkan pemasangan pada tapak. Hal itu dimaksudkan untuk digunakan sebagai jembatan kereta api.

Waddell truss

7.   Warren (non-polar) truss 
Tipe jembatan ini dipatenkan oleh James Warren dan Willooughby Theobald Monzani pada tahun 1848 di Britaniya raya.Tipe jembatan ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya melainkan bentuk segitiga sama kaki atau sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami tegangan tarik (Tension).

Contoh jembatan dengan tipe Warren adalah Anderson Hill RoadBridge, Adams County, Ohio, Amerika Serikat. Dibangun padatahun 1921 dan direhab pada tahun 2007, jembatan ini memiliki panjang total 91,9 feet dan lebar 15,1 feet.Rata–rata dilalui oleh400 kendaraan dalam satu harinya.

anderson hill road bridge
Anderson Hill Road Bridge

4 komentar:

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi