-->

Anggapan yang salah tentang Musik Melayu

Diposting oleh Unknown on Minggu, 15 Juli 2012

Sedikit berargumen tentang genre musik Indonesia yang disebut 'pop melayu' atau band melayu. Memang sih sekarang musimnya boyband n girlband, tapi tetap saja ingin mengeluarkan unek-unek saya  yang terpendam tentang sesuatu yang menurut saya tidak tepat.

Jika kita search di fb dengan keyword "anti band melayu, anti musik melayu" dll sejenisnya, begitu banyak group2 yg dibuat. Dan juga ada saya membaca dari sebuah blog yg sok keren mengatakan yang tidak benar tentang musik melayu. Kemudian dalam bergaul sehari-hari tidak sedikit teman yg menghujat band genre 'mendayu-dayu ( begitu saya menyebutnya )' dengan menganggap itu adalah musik melayu. 

Sebenarnya seberapa tau mereka tentang musik melayu?
pernahkah bergabung dalam sebuah komunitas atau grup musik melayu?
pernah nggak ngeliat live pertunjukan musik melayu ASLI ?
pernah dengar zapin? joget? langgam? musik gambus? marwas? dll....

saya tidak mendefinisikan tentang "musik melayu adalah blabla..." , tapi hanya ingin meluruskan tentang anggapan public yang menurut sudut pandang saya adalah SALAH. 
Sejak SMA saya sudah bergabung dengan kelompok musik melayu yg dibentuk oleh guru seni saya. Dan juga cukup sering berpartisipasi dalam acara perlombaan seni musik salah satunya musik melayu ( kolaborasi) seperti nampil diacara Hitam Putih International. Dirumah, ayah saya memiliki koleksi yg cukup banyak lagu2 melayu ASLI. InsyaAllah saya tau betul gimana musik melayu yg sebenarnya. Sebagai contoh, dengar lagu zapin melayu(sedikit modifikasi), kasih budi, kebangkitan melayu, pantai solop, hangtuah, lancang kuning, patah kemudi, tanjung katung dll. 

Syair lagu melayu tidak cengeng, membawa pesan moral yg baik. Dan bila syairnya tentang percintaan, persahabatan maupun yg bersifat sosial memiliki kalimat sanjak yg memiliki nilai kesusastraan. Bukannya seperti band2 mendayu itu, yang hampir semua temanya percintaan, ditambah lagi lirik yang standar.

Secara garis besar begitulah gambaran Lagu melayu yang sebenarnya. Melayu memiliki ciri khas dengan Cengkok yang biasa disebut cengkok melayu. Itu benar, tapi cengkok2 + musik yang diciptakan para band2 dayu itu sebenarnya bukan cengkok asli melayu melainkan sedikit adopsi dari pop malaysia yang sering kita dengar diangkot. Melayu tidak seperti itu cengkoknya, untuk menguasai cengkok melayu amat sulit bahkan penyanyi papan atas Indonesia seperti Rosa, dan Agnes Monica pun tidak bisa ! , mereka sendiri yg mengakui di Indonesian Idol. Bukan seperti lagunya 'dbagind**', 'kang**', 'r*ja', 's**2', 'daunhijau', 'eye', dll....sejujurnya saya juga tidak suka dengan band2 itu, karena memang dari segi musikalitas sangat standar. TAPI haram bagi saya menyebut mereka band melayu.

Musik melayu itu dinamis, bila dikawinkan dengan genre musik lain dapat menciptakan sebuah karya musik yg unik dan cerdas. Musik Rock, R n B , jazz, serta musik2 modern lainnya sangat mantap bila digabungkan dengan musik melayu, tentunya digarap oleh musisi yang cerdas. Sbagai contoh dengar Satelite Zapin dari Riau Rhytm, atau dengar musik2nya Tengku Rio ( pemain biola). Kemudian music2 etnic dan kontemporer melayu.

untuk lebih jelas, nih dia Musik melayu yang sebenarnya itu !


Sekali lagi ditkankan, buanglah anggapan yang salah tentang musik melayu itu. Jangan disamakan dengan band2 mendayu2. Jangan asal ngebacot kalau nggak tau, jangan ikut2an menjelekkan. Orang bodoh musik yang bilang band2 itu musik melayu....Bagiku musik melayu IS THE BEST ! :D

akhirnya selesai juga nulis unek2 ... sebagai budak melayu asli, saya sangat menjaga citra dan marwah musik, tari, dan kebudayaan melayu . *mulaimelebay...


4 komentar:

  1. sangat setuju. say bukan orang melayu tapi sangat suka lagu melayu terutama yang clasik. penuh dengan kata-kat sastra yang sangat indah. cengkoknya sangat unik tidak murahan dan tidak semua orang bisa menyanyikanya

    BalasHapus
  2. Sy jg setuju sekali bahwa musik dan lagu melayu sangat indah dan enak untuk di dengar karna banyak sekali petuah" yg maknanya sangat tinggi...sy pecinta lagu" melayu dan sangat ingin melestarikan budaya melayu...sy pernah ikut BRTV lagu melayu sesumatera mewakili salah satu propinsi sampai saat ini pengalaman itu tidak bisa dilupakan...untuk mengobati kerinduan masa" itu saya selalu mendengarkan lagu" melayu yg begitu enak utk di dengarkan....

    BalasHapus
  3. Joss..!! Ta'kan MELAYU Hilang Di Bumi..!!

    BalasHapus
  4. Joss..!! Ta'kan MELAYU Hilang Di Bumi..!!

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi