-->

Password Log in sederhana pada Slide Powerpoint

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 04 Agustus 2012

Pada kesempatan ini saya ingin belajar nulis tutorial Powerpoint. Namun trik powerpoit nya bukanlah trik animasi atau apapun untuk mempercantik persentasi, tapi bagaimana membuat Pasword Log in dengan script Visual Basic. Sebenarnya hanya script sederhana tapi cukup unik jika diselipkan dipersentasi kita, biar gimanaa gitu :D. Dan untuk diketahui, ini berbeda dengan password file, kalau password file untuk mengunci file powerpointnya, sedangkan pada tutorial ini password untuk menuju ke slide selanjutnya, bingung ? ..oke ini step by step nya :

1.  Buka aplikasi powerpoint (disini menggunakan powerpoint 2010)
2.  Pilih menu File disebelah kiri atas. Lalu klik option sehingga muncul seperti gambar berikut

langkah 1
Add caption

    Pilih Customize ribbon, kemudian centang developer (lihat gmbar diatas), OK .

3.  Nah sekarang kalau dilihat dideretan menu diatas sudah muncul developer (letaknya disamping  view). Kemudian gambarkan kotak Log in nya dengan menggunakan textbox dan commad button yang ada di menu developer. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut (klik untuk memperbesar)

langkah 2

4.  Bentuklah dengan rapi kira-kira seperti gambar diatas. Klik kanan pada commandbutton sebelah kiri, pilih properties, ketika muncul jendela properties ganti caption dengan tulisan Log In ( boleh divariasikan sesuai selera, misalnya sign in, masuk, OK, dll ). Lakukan dengan langkah yang sama pada button kedua namun ganti captionnya dengan nama Reset. Lihat gambar berikut :

langkah 4

5. Nah sekarang kan udah muncul tuh, Double klik button Log in sehingga muncul jendela microsoft visual basic aplication, kira-kira gmbarnya sepert ini :

langkah 5

6.  Hapus semua script diatas dan paste kan dengan kode dibawah ini 

Private Sub CommandButton1_Click() 

If TextBox1.Text = "fiansyauqi" Then 

SlideShowWindows(Index:=1).View.Next

Else

    MsgBox "Wrong Password", 16, "Incorrect Password
End If

TextBox1.Text = ""

End Sub

Catatan : yang berwarna merah adalah password yang digunakan, dapat diubah sesuai keinginan. Sedangkan yang warna  orange pesan yang akan muncul saat password salah dimasukkan, juga dapat diubah sesuai selera. Warna biru merupakan bagian dari kode jadi tidak boleh diubah.

Maka kira-kira gambarnya seperti ini :

langkah 6


7.  Kembali lagi ke jendela powerpoint, double klik Button Reset. Sehingga muncul jendela seperti gambar diatas. Lalu paste kan script berikut tepat dibawah End Sub .

Private Sub CommandButton2_Click()


TextBox1.Text = ""


End Sub


Private Sub TextBox1_Change()


End Sub
Sehingga bentuk script seluruhnya setelah digabungkan adalah seperti ini :

bentuk sciptnya

bentuk script 2

8.  Sekarang saatnya membuktikan apakah telah berhasil apa belum (InsyaAllah berhasil deh kalau diikuti dengan benar :) ) . Tekan F5 untuk slide show. ketikkan dulu pada textbox password yang salah dan klik button Log In. Kalau muncul seperti gambar berikut ini berarti sudah benar.

tes


lalu tekan OK pada kotak wrong password , dan ulangi lagi masukkan password yang benar. disini saya menggunakan nama sendiri "fiansyauqi" . Klik Log In maka slide akan berpindah ke slide 2 secara otomatis. lihat ilustrasi berikut :

tampilannya
9.  Nah, kalau dengan cara diatas ketika diketikkan password orang bisa membaca password kita, untuk itu kita perlu mengganti huruf nya dengan simbol lain , disini saya menggunakan " * " . Caranya klik kanan pada textbox, properties . Ganti password char dengan * , close jendela propertiesnya. Berikut ilustrasinya :

properties

10.  setelah itu slide show kembali dengan menekan tombol F5 . Coba masukkan password , maka hurufnya sudah diganti dengan tanda * , dan orang2 pun tidak bisa membacanya :D .

Sudah selesai ???
BELUM ...masih ada 1 langkah lagi, yaitu mengunci slide. Jika langkah ini tidak dilakukan maka akan percuma saja, karena pada saat slideshow cukup tekan ENTER atau SPASI slide akan pindah ke slide berikutnya, berarti kan percuma aja dibuat password log in !!?. Ok berikut cara nya :

11. Pilih menu slide show, terus klik Set up Slide Show, disitu ada show type, pilih / centang Browsed at a kiosk ( full screen ), klik  OK .

12.  Untuk menyimpan file, pilih File, Save As, dibagian bawah pilih Save As type nya Powerpoint macro - Enabled Show. Kemudian Save .

Oke selesai deh, selanjutnya tinggal dihias aja ppt nya. Misalnya dengan menambahkan backround atau keterangan diatas kotak passwordnya, contoh : Masukin password ! , Password protected , dll .
Semoga bermanfaat ^_^ ....

sebagai contoh file dapat didownload contoh powerpoint saya berikut :


Password file : fiansyauqi 
Password slide : fiansyauqi


14 komentar:

  1. kalau diikuti step by stepnya nggak rumit2 kali kok gan :D

    BalasHapus
  2. Wew sangat membantu tutorialnya..

    BalasHapus
  3. mantap, makasih atas ilmunya

    BalasHapus
  4. Keren gan,,, belajar kayak gini gimana ya ?

    BalasHapus
  5. SANGAT MUDAH DI PAHAMI. TERIMA KASIH ATAS ILMUNYA. JADI, SAYA SUDAH BISA BUAT CLASH OF CLANS HACK TOOL TIPUAN HAHAHA..... THANKS SO MUCH

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Gan ,ane pake ppt 2007 setelah ane jalanin cara" diatas work gitu bisa login dan keslide selanjutnya . tapi gan setelah ane exit terus ane buka lagi, login nya diclick ttp (gaada tulisan wrong pass/ke slide selanjut nya ) . pas ane liat script code nya itu ternyata ilang gan ane copy lagi ke sana terus bisa pas ane exit balik ke kosong lagi script/code nya itu gimana ya gan ?? mohon bantuannya ya trims :D

    BalasHapus
    Balasan

    1. maksudnya ane balik lagi tuh ane buka isi script kan work tuh pas ane close. ane buka lagi script nya hilang lg

      Hapus
  8. gan pas gw ganti nama commandbuttonnya muncul tulisan 'not a legal object name' . gmn nih gan??

    BalasHapus
  9. Bro ini gw baru nemuin cara untuk membuat username dan password untuk script login powerpoint.
    Langsung di cek di : http://pleonora.blogspot.co.id/2015/11/cara-membuat-script-login-di-powerpoint.html

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi