-->

Fruity Loops dan Karyaku

Diposting oleh Unknown on Kamis, 02 Agustus 2012
FL Karyaku
Assalamu'alaikum ....

Mungkin bagi pecinta musik khususnya yang hobi bikin musik digital, software ini sudah tidak asing lagi, bahkan tidak sedikit lagu2 indo maupun barat menggunakan software ini sebagai backing tracknya. Disamping cara menggunakannya tidak terlalu rumit, sound yang dihasilkan juga cukup powerfull. Tampilan antarmuka nya sangat user friendly sekalipun digunakan oleh pemula seperti saya :D .
Awalnya saya dikenalkan software ini oleh senior SMA saya yang meminta bantuan untuk bikin musik orchestra pengiring lagu mars SMA yang diciptakan beliau sendiri. Waktu dia dengerin intronya, saya terkejut dan kagum, wah kok bisa ya? Terus minta ajarin, eh ternyata emang nggak susah, hanya saja butuh kesabaran buat mencari sound2 yang pas dengan lagunya, dan juga ngatur suaranya biar ballance tiap instrument, mana yang seharusnya instrument yang harus ditonjolkan atau yang dikecilin volumenya, dll. Butuh ketelatenan juga buatnya jika ingin hasil yang benar2 maksimal/perfect ( takaran maksimal tiap orang beda2 ). 

Software ini memiliki instrument musik dan alat-alat lainnya layaknya yang dimiliki sebuah studio musik. Selain itu software ini juga memiliki aneka plugin suara yang dapat melengkapi lagu, loops, backing track, atau sizzling beats. Hasil akhir dari kreasi kita dapat disimpan kedalam format audio seperti WAV, MP3, ZIP,  MIDI, atau ekstensi aslinya FLP.

Berikut ini beberapa fitur-fitur dari fruity loops :

1.     Instrumen

Fruity loops mampu membuat aneka suara karena memiliki virtual synthesizer yang sangat banyak seperti acoustic atau shyntetic bass, electric guitar, simulasi plucked string, flute, termasuk general sample playback, beat-slicing, alat sampler piano, serta berbagai teknik sintetis (subtractive, modeling, FM, Granular, dll ). Selain itu Fruity loops shyntmaker memungkinkan anda untuk membuat instrument sendiri sesuai selera..

2.     Audio recording dan Editing

Fruity loops mampu merekam suara voca maupun orkestra dan merekam hingga 64 audio track secara bersamaan. Selain itu workspace playlistnya mampu menampung jumlah audio track yang tidak terbatas sehingga anda dapat leluasa untuk melakukan pengaturan waktu, mengedit, memotong, maupun menghapus bagian audio yang tidak anda perlukan.

3.     Sequencing, mixing dan mastering

Fruity loops mampu merekam performance yang berbasis sequence, termasuk langkah-langkahnya. Selain itu mixer atau program mastering dalam software ini termasuk kedalam mixer yang paling kuat dikelasnya. Sedangkan proses mastering dalam software ini menggunakan multiband compression atau limiting and Parametric EQ .

begitulah kira-kira secara garis besar tentang Fruity Loops...
iseng-iseng berkarya dengan fruity loops, begini nih jadinya ... 

Infectious ==> sedikit bergenre arabian, ada sentuhan salsa, melayu, techno, dan musik sunda diujungnya :D

1/2 Oplet ==> yang ini kayak musik oplet/angkot, namun lebih tinggi dikit levelnya, hakshaks :D

Project ==> belum jadi seluruhnya... ni musik gado-gado, 

okeh sekian .... ^^

8 komentar:

  1. Mampir sob.. betul juga templatenya satu produk hehe.. siip deh

    BalasHapus
  2. Thanks atas infonya sob.. n sukses selalu btw template juga sama nih

    BalasHapus
  3. Link Tea @ ok sob, tapi blog ane masih newbie banget nih :D

    saung web @ sip makasi bro, :)

    BalasHapus
  4. fruity loops 8 yg gk berbayar ada gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, coba aja googling.
      bagusan yang 10 deh kayaknya

      Hapus
  5. aku pernah install aplikasi seperti ini dilaptop, tapi malah jadi lemot laptopnya... nyobain fls memang mudah2 gampang sih

    BalasHapus
  6. wah kayakmana model softwarenya nih, tak lihat dulu oke

    BalasHapus
  7. pengen bgt bisa bikin yang kayak gini.hm

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi