-->

Awalnya karena Uang

Diposting oleh Unknown on Rabu, 08 Mei 2013

Sebelumnya sekitar 3 mingguan yang lalu saya di amanahkan oleh ibu saya buat melatih tim nasyid dari SMP Negeri 3 Pekanbaru yang akan mengikuti perlombaan nasyid antar SMP se-Kota Pekanbaru. Kebetulan ibu adalah guru agama dari SMP tersebut dan saya juga salah satu alumni. Awalnya memang malas menerima tawaran itu, karena memang susah mengontrol anak smp. Namun berhubung katanya dapat bayaran, ya okelah...itu lah alasan pertama saya menerima tawaran jadi pelatih, “karena uang”.

Seiring berjalannya waktu, dan latihan demi latihan pun dijalani bersama anak-anak. Hingga kami mulai akrab satu sama lain, akhirnya harapan akan uang itu lambat laun tersingkirkan. Menjadi juara 1 dan membuat anak-anak bahagia justru lebih saya prioritaskan. Melihat semangat mereka untuk latihan, rasanya semakin ingin dan semangat melatih mereka. Yang terpenting bagi seorang pelatih yaitu, bagaimana menempatkan posisi kita setara dengan anak-anak. Jadikan mereka seperti teman. Latihan dengan santai tapi pasti dan serius. Begitulah yang saya lakukan. Tidak lupa motivasi dan berbagai penjelasan tentang nasyid telah saya utarakan kepada mereka agar mereka selalu optimis.

Sempat sebelum perlombaan tanggal 5 Mei lalu, mereka menampilkan hasil latihannya dihadapan guru-guru disekolah. Alhasil kacau balau. Bahkan di sepelekan oleh para guru karena nyanyinya kacau. Saya cukup kaget mendengar berita itu, padahal waktu latihan menurut saya sudah lumayan bagus untuk standar anak SMP. Akhirnya kesalahan itu segera diperbaiki. Latihan H -1 dirumah saya adalah gladi bersih. Saya tekankan pada mereka untuk tidak mengulang kesalahan ketika dihadapan guru-guru saat perlombaan.. Mereka harus buktikan kepada guru-guru bahwa sebenarnya jauh lebih baik dari itu.

Tibalah saatnya perlombaan. Mereka undian 15 dari 23 sekolah yang berpartisipasi dalam acara lomba tersebut. Setelah saya lihat penampilan mereka saat dipanggung. Saya optimis mereka bisa juara. Dan ketika diumumkan, benar. Gelar JUARA 1 pun berhasil mereka raih. Alhamdulillah. 

Melihat mereka bahagia, saya pun turut bahagia. Bahkan saya sudah jauh melupakan uang yang dijanjikan sekolah sebagai bayaran pelatih. Sepertinya melihat mereka senang dapat juara, itu sudah merupakan bayaran yang mahal buat saya. Karena itu kan berarti tanggung jawab saya sebagai pelatih selesai dan berakhir sesuai harapan. Saya senang bisa berguna bagi orang lain. Apalagi anak-anak itu bisa membawa nama baik sekolahnya.  Awalnya karena uang, namun pada akhirnya saya sadar, ada yang lebih membahagiakan daripada sekedar dapat uangnya ^_^ .

74 komentar:

  1. betul sekali mas, awalnya memang karena uang karena belum memikirkan enaknya dekat dengan komunitas yang disukai. selamat ya mas, mas fian memang jago sebagai pemain dan pelatih, itu formasinya pakai 352 atau 212 mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betull..akhirnya malah menikmati proses latihan :D

      formasi 212 mas, <== nomor kapak wiro sableng...hahaa

      Hapus
    2. hahahaha..puas sekali ya mas rasanya, apalagi setelah di evaluasi sama guru predikisinya gak mungkin juara, eh mas fian menjawab dengan prestasi, bener2 212 diluar nalar manusia,

      Hapus
    3. puas mas :D
      sayangnya film wiro sableng nggak ada siaran ulang nya

      Hapus
    4. saya juga ngefans sama jurus kunyuk melempar buah

      Hapus
    5. haha kok ada wiro sablengnya

      Hapus
    6. saya ngefans sama shinto gendeng..

      iya nih mas, ntah ngapa kok tiba2 jadi ngomongin wiro sableng..wkwkw

      Hapus
    7. orang sekarang kan gak waras tapi ngakunya waras, saya ngaku orang gak waras aja lebih jujur tidak ditutup2i. itulah mengapa saya tulis wiro sableng karena out of the box

      Hapus
    8. berhubung formasi 212 udah naklukin peserta yang lain dan akhirnya bisa menang.. saya mau nyampein pesan dari Jose Morinho nih mas, katanya selain formasi 212 ternyata formasi 69 juga ampuh and top cerrr

      Hapus
    9. hahaaha...formasi 69 itu sangat menggelitik mas :D

      Hapus
  2. salut deh, terus diasah kempuannya sob, kalo bisa masuk dapur rekaman sekalian

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa,,,belum terfikirkan buat rekaman mas :)

      Hapus
  3. manusia kan memang begitu, bro...
    setelah uang didapat, dia butuh yang lainnya
    misalnya pengakuan...

    BalasHapus
  4. Awalnya karena Uang, terus untuk digunakan sebagai pemenuh kebutuhan. Tingkatkan kemampuannya Mas. Salam sukses

    BalasHapus
  5. manteepp bangeett kang fian ..
    d asah terus kemampuan nya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas , jangan lupa berdoa yaa biar usaha nya ada yang nemenin :)

      Hapus
    2. Hehehe...siip makasi mas

      Hapus
  6. semoga terus dapat di andalkan buat jdi pelatih nasyid smp 3 pkanbaru mas. sukses selalu

    BalasHapus
  7. Sips sob... jika mental guru dan pelatih di Indonesia seperti sob semua.. dijamin pendidikan yang berkualitas akandiraih dan penghargaan demi penghargaan akan bermunculan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kita oakan yang terbaik buat negara tercinta ini

      Hapus
  8. Ceritanya seru...tapi uangnya tetep diambil kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. de' ind: uangnya mau ditransferin ke rekening KPK katanya sih...;o)

      Hapus
    2. mbk indah : so pasti mbak :D

      kang cilembu : hehe, udah dari kemaren2 pengen transfer tapi malas pergi ke banknya :D...siip deh kang ^_-

      Hapus
    3. kurang kemauan itu kang hehehe

      Hapus
    4. namanya juga uang kenangan mas

      Hapus
    5. rada berat juga kalau uang kenangan ya, ya udah dipigurain deh, pake uang yang lain saja...hehehe

      Hapus
  9. tetap semangat sob..


    asalamualaikum sobat..


    infonya menarik sekali, terimakasih sudah berbagi.

    Happy Blogwalking !!

    BalasHapus
  10. ini dia yg tidak dapat dibayar dengan uang. "Kebahagiaan"...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah cakepp..ntu dia yang saya maksud :D

      Hapus
  11. alhamdulillah akhirnya juara, walau sempat membuat guru-guru ragu tapi ternyata dapet juara 1 malahan
    salut deh buat Fian yg dengan sabar membimbing mereka, siiip
    uang yang membawa berkah hehheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih berkah lagi kalau ditransferin ke KPK...halaaah

      Hapus
    2. @mei , hehe ..iya nih alhamdulillah banget :)

      kang hadi : hhaha..

      Hapus
  12. wuih keren fian dangg...

    juara 1 dang..

    mantap tu untuk menyumpal mulut orang2 menyepelekan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa..iya harus kita buktikan pada mereka

      Hapus
  13. kunjungan perdana gan, salam kenal
    visit n koment back y dblogq :)

    BalasHapus
  14. Saya punya pengalaman yg sedikit sama mas fian, sewaktu pertama kali ikut shooting ke daerah terpencil awalnya karena bayarannya lumayan. Aktifitas pun berjalan, menghabiskan waktu siang dan malam bersama suatu komunitas sampai benar-benar mengenali crew yg terlibat itu membuat kita merasa diterima, hingga saya tidak peduli berapa pun bayarannya pengalaman ini lebih berharga Tapi saya masih kesulitan mengarahkan anak-anak SMP, sulit rasanya memposisikan diri sebagai teman mereka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau memposisikan diri..mudah, potong rambut pendek, pake baju pink, sepatu pink juga, ngomongnya gaya abg metropolitan..getooo
      hehehe...

      Hapus
    2. mbak elsa : nah mirip tuh mbak pengalamannya. memang intinya pengalaman dan kebahagian itu lebih mahal. ga bisa deibeli..asal kita menikmati InsyaAllah bayarannya kan ngalir juga...haha
      kalau mengarahkan anak SMP mungkin tergantung anak2nya juga sih, kebetulan anak didik saya mudah diatur :D

      kang ubi: wkwkwkw..kseperti boyband tuh :P

      Hapus
  15. wuiih...calon insinyur berhasil mengantar siswa tutornya jadi juara 1, berarti darah ibundanya ngalir deres tuh kang...ngajar itu indah loh kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener tuh kang cilembu ubi, enak lho mengajar itu apalagi ada muridnya yang aduhai jadi semangat deh

      Hapus
    2. Amiin semoga jadi insinyur :D
      memang indah mengajar, tapi kalau ngajarin pelajaran saya suka ga sabaran..wkwkw

      mas agus : wah kalau ada yg aduhai, bisa salh fokus..wkwkw

      mas bg : cuci piring..wkwkw

      Hapus
    3. salah fokus malah tiba2 cuci piring sendiri aneh kan

      Hapus
  16. selamat Pagi Sob,,,waah 2 Jempol deh Buat Sobat karena sudah sukses membawa Tim Nasyid menjadi Juara pertama,hm pasti dompetnya tebal nich,,,,hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasi sobat..gak seberapa kok hadiahnya sob..hihi

      Hapus
  17. hal yang manusiawi,manusia mengejar sesuatu karena ingin uang,maka jangan heran uang segalanya bagi manusia.selamat ya atas keberhasilannya.

    BalasHapus
  18. Wah emang ya sifat orang itu mudah berubah-ubah, tapi sukses slalu buat anak didiknya berhasil juara 1 meskipun awalnya agak mengecewakan.

    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya endingnya malah menggembirakan :)

      Hapus
  19. keren niih mas fian.. berhasil berhasil berhasil horeee.. selamat buat anak didiknya

    BalasHapus
  20. memang mas untuk menjadi orang ikhlas biasanya berawal dari tidak ikhlas itu sendiri,orang pintar pasti tadinya bodo...gitu ya sob..al hasill..selamet yaaa..buat anak didiknya yang ngedidik juga tentunya..heeee

    BalasHapus
  21. hebat euy.... Top banget... selamat ya atas keberhasilannya

    BalasHapus
  22. mantep deh..kaya pak mantep...

    BalasHapus

Silahkan komentar apa saja, mau OOT juga ga masalah, kecuali :

1. Ninggalin link hidup
2. SPAM
3. komentar dari obat bisul, dan obata2an mengerikan lainnya

hehehe....

 
Design by SEO Friendly Blogger Template redesign by Fian Syauqi