Jembatan
Rangka Batang terdiri dari dua rangka bidang utama yang diikat bersama dengan
balok-balok melintang dan pengaku lateral. Rangka batang pada umumnya dipakai
sebagai struktur pengaku untuk jembatan gantung konvensional, karena memiliki
kemampuan untuk dilalui angin (aerodinamis) yang baik. Beratnya yang relatif
ringan merupakan keuntungan dalam pembangunannya, dimana jembatan bisa dirakit
bagian demi bagian. Jembatan ini juga ekonomis untuk dibangun karena penggunaan bahan atau material yang efisien. Semua rangka batang dapat menahan beban-beban yang bekerja dalam bidang rangkanya. Akan terjadi gaya tarik mapun tekan ditiap-tiap batang jika terdapat beban.
Berikut ini ilustrasi komponen-komponen rangka batang jembatan:
Komponen bagian Typical Truss Bridge - View Elevation |
View Isometri |
Ilustrasi beban pada jembatan |
Tipe rangka batang jembatan |
Beberapa tipe Rangka batang pada jembatan
1. Allan Truss
Allan Truss dirancang oleh Percy Allan. Sebagai contoh Hampden Bridge ( Waga-waga),
New South
Wales, Australia, yang merupakan proyek pertama dari jembatan truss Allan, pada
awalnya dirancang sebagai jembatan baja.
Untuk mengurangi biaya, jebatan ini dibuat dengan kayu. Dalam
desainnya, Allan menggunakan ironbark Australia untuk kekuatannya. Sebuah
jembatan yang sama juga yang dirancang oleh Percy Allen adalah Jembatan Victoria di
Prince Street Picton, New South Wales. Juga dibangun dari ironbark, jembatan
ini masih digunakan sampai sekarang untuk pejalan kaki dan lalu lintas ringan.
Hampden Bridge |
2. Bailey Bridge
Bailey Bridge dibangun di atas Sungai Meurthe, Perancis , yang Dirancang untuk penggunaan militer. Elemen prefabrikasi dan rangka batang standar dapat dengan mudah dikombinasikan dalam
berbagai konfigurasi untuk beradaptasi dengan kebutuhan di lokasi. Dalam gambar dibawah dapat diperhatikan penggunaan prefabrications dua kali lipat untuk
beradaptasi dengan rentang dan persyaratan beban.
Bailey Bridge |
Lattice Truss merupakan sebuah jenis jembatan tertutup. sebagian besar jembatan ini menggunakan elemen ringan, sehingga dapat meringankan tugas konstruksi. Elemen Truss biasanya bisa dari kayu, besi, atau baja.
Lattice Truss |
Fink Truss t dirancang oleh Albert Fink dari Jerman pada 1860-an. Jenis jembatan ini dipopulerkan pada Jalan rel Baltimore dan Ohio.
Jalan rel Baltimore dan Ohio. |
5. Pratt truss
Pratt Truss memiliki anggota batang berbentuk vertikal dan diagonal yang melandai turun ke arah tengah, kebalikan dari truss Howe. Model ini dapat dibagi lagi dengan menciptakan pola yang berbentuk Y dan K .Truss Pratt diciptakan pada tahun 1844 oleh Thomas dan Kaleb Pratt. Truss Ini praktis untuk digunakan dengan rentang hingga 250 kaki dan merupakan konfigurasi umum untuk jembatan kereta api. Berikut ini contoh design Pratt Truss .
Pratt truss design |
6. Waddell truss
Waddell "A" truss (1898bridge). Jembatan ini dirancang oleh
John Alexander Rendah Waddell. Bentuknya yang sederhana memudahkan pemasangan pada tapak.
Hal itu dimaksudkan untuk digunakan sebagai jembatan kereta api.
Waddell truss |
7. Warren (non-polar) truss
Tipe jembatan ini dipatenkan oleh James Warren dan Willooughby Theobald Monzani pada tahun 1848 di Britaniya raya.Tipe jembatan ini tidak memiliki batang vertikal pada bentuk rangkanya melainkan bentuk segitiga sama kaki atau sama sisi. Sebagian batang diagonalnya mengalami gaya tekan (compression) dan sebagian lainnya mengalami tegangan tarik (Tension).
Contoh jembatan dengan tipe Warren adalah Anderson Hill
RoadBridge, Adams County, Ohio, Amerika Serikat. Dibangun padatahun 1921 dan
direhab pada tahun 2007, jembatan ini memiliki panjang total 91,9 feet dan
lebar 15,1 feet.Rata–rata dilalui oleh400 kendaraan dalam satu harinya.
Anderson Hill Road Bridge |
lumayan bisa kmi tau tipe JRB dsini....
BalasHapusKalo fungsinya itu apa yaa
BalasHapusKalo fungsinya itu apa yaa
BalasHapusTerimakasih Artikelnya.....Salam
BalasHapus